Tanggulangi Virus ASF, Inilah 10 Hal Dilakukan Pemkab Mentawai


Jumat, 14 Februari 2020 - 12:05:11 WIB
Tanggulangi Virus ASF, Inilah 10 Hal Dilakukan Pemkab Mentawai ilustrasi. Ist

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka menanggulangi penyebaran virus African Swine Fever (ASF) atau demam babi afrika di Kepulauan Mentawai, Pemerintah Kabupaten setempat akan melakukan 10 hal pola tindakan.

Hal tersebut dikatakan Sekertaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kabupaten Kepulauan Mentawai Zakirman kepada Haluan, jumat (14/02) di Tuapejat, bahwa hal tersebut merupakan rumusan hasil rapat koordinasi pengendalian dan penanggulangan kasus terindikasi ASF, pada Kamis Kemaren.

Baca Juga : TSR VI Kunjungi Masjid Nurul Amri, Sekdako Sonny: Wahana Bangun Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat

Ada pun 10 pola tindakan yang akan dilakukan diantaranya yang pertama membuat surat edaran Bupati tentang pencegahan dan pengendalian ASF di Kabupaten Kepulauan Mentawai,
Memperkuat organisasi pelayanan kesehatan hewan (Puskeswan) di setiap pulau atau Kecamatan.

Kemudian melakukan pembentukan dan optimalisasi Tim Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) (terindikasi ASF) terpadu dimulai dari Gabungan OPD tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa dan Dusun serta Tokoh Masyarakat menjadi Gerakan Masyarakat (Gemas) Mentawai Peduli Babi yang terintegrasi, dan ditindak lanjuti dengan Surat Keputusan Bupati.

Baca Juga : Kunjungi Masjid Jihadu Walidaina, TSR V Serahkan Bantuan Rp20 Juta

Selanjutnya membentuk posko bersama pengendalian dan penanggulangan penyakit ASF di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Mentawai beserta nama dan contact person untuk memudahkan petani peternak melaporkan bilamana terdapat gejala penyakit ASF di lapangan, 

Kemudian TIM teknis PHMS mempercepat pelaksanakan tindakan biosecurity dan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) serta pelaporan secara cepat melalui sistem terpadu (iSIKHNAS).

Baca Juga : Jalin Silaturahmi dengan Masyarakat, TSR IV Kunjungi Masjid Nurul Khairat

Berikutnya memperbanyak sarana penyuluhan dalam bentuk video, leaflet, buklet, baliho, banner, radio, Melakukan pemetaan populasi ternak babi, mengidentifikasi ternak babi yang sehat dan ternak babi yang tertular, serta mengisolasi ternak babi yang sehat dengan menerapkan prinsip biosecurity.

Melakukan pelarangan ternak babi dan produknya keluar dari pulau Sipora. Setiap ternak babi dan produknya yang akan di lalu lintaskan ke kepulauan mentawai Wajib dilaporkan kepada petugas karantina untuk dilakukan tindakan karantina dan dilengkapi dengan sertifikat karantina dan terkahir mempersiapkan Peraturan Bupati (Perbub) tentang Pengendalian dan Penanggulangan PHMS.

Baca Juga : Tim III Kunjungi Masjid Nurul Furqan TPL, Ketua DPRD Serahkan Hibah Renovasi Masjid

"Beberapa hal tadi merupaka rumusan hasil pertemuan koordinasi pengendalian dan penanggulangan kasus terindikasi ASF, bersama tim gabungan Dirjen Peternakan dan Kesehatan hewan (PKH) dan unsur pimpinan daerah serta OPD dan Unsur Forkopimda di Kabupaten Kepulauan Mentawai, tujuan kita tentu mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyebaran virus ASF di Mentawai," sebutnya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake, pejabat Fungsional Medik Veterinier Ahli Madya dari Dirjen PKH RI Abdul Rahman beserta rombongan, Kabid Keswan PKH Sumbar Zed Abbas, kemudian ada Agus Rahmat dan Ahmadi dari Instansi Karantina Padang, serta unsur Forkopinda yang mendukung penangganan ASF di Mentawai.

" Nah jika sudah semua saling mendukung, harapan kita virus ASF ini dapat diatasi, sehingga mengurangi masyarakat kehilangan pendapatan akibat kematian babi. Jika ada babi yang terindikasi dilakukan biosecurity dan babi yg sehat dijaga agar tidak pindah penyakitnya dari yang terindikasi. Karena yang  terindikasi virus ASF di pulau Sipora, maka untuk sementara ternak terindikasi tidak boleh keluar dari Sipora, sementara ternak dari daerah lain boleh masuk ke Sipora dengan catatan sudah memiliki dokumen karantina sebelum dibawa," pungkasnya. (Red).

Reporter : REDY | Editor : Dodi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]