Bawaslu Dharmasrya Buka Rekrutmen Pengawas Pilkada di Nagari


Jumat, 14 Februari 2020 - 14:50:14 WIB
Bawaslu Dharmasrya Buka Rekrutmen Pengawas Pilkada di Nagari Sekretaris Bawaslu Dharmasraya, Redha Akmal.

DHARMASRAYA, HARIANALUAN.COM-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya terus melakukan tahapan persiapan dalam rangka menghadapi pesta demokrasi dalam rangka pemilihan kepala daerah. Sebelumnya Bawaslu sudah melaksanakan seleksi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), selanjutnya juga akan melakukan seleksi pengawas di nagari nagari.

"Bawaslu memanggil putra putri terbaik Dharmasraya untuk ikut serta menyukseskan Pilkada tahun ini, setiap nagari ada satu pengawas," kata Sekretaris Bawaslu Dharmasraya, Redha Akmal, di Pulau Punjung, Jumat (14/02).

Ia mengatakan rekrutmen ini merupakan rangkaian yang harus dilakukan Bawaslu, setelah sebelumnya melakukan perekrutan untuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Dikatakannya, proses perekrutan tersebut dilakukan tim dari Panitia Pengawas Kecamatan yang sudah terpilih dan dilantik sebelumnya.

Ia mengatakan, pengumuman pendaftaran sudah dimulai dari 10 sampai 16 Februari. Sementara penerimaan berkas pendaftaran dilakukan selama tujuh hari dari 16 sampai 22 Februari. "Berkas pendaftaran atau surat lamaran diserahkan langsung ke Kantor Sekretariat Panwascam," katanya.

Ia menjelaskan, persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi, diantaranya pada saat pendaftaran calon pengawas berusia paling rendah 25 tahun. Kemudian, memiliki integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil, berdomisili di kecamatan setempat yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, dan syarat pendukung lainnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, calon pengawas desa juga harus membuat surat pernyataan, seperti bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan pada instansi pemerintah BUMN, BUMD, tidak menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari anggota parpol sekurangnya lima tahun terakhir.

Ia mengatakan untuk informasi lebih lanjut calon anggota pengawas desa dapat menghubungi Sekretariat Bawaslu Dharmasraya melalui nomor 0853 6303 3173 atau mengunjungi website https://dharmasraya.bawaslu.go.id/.

Kemudian, untuk masing-masing kecamatan dapat menghubungi kontak person masing-masing panwas kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Pulau Punjung, Rifdal Fadli (082283814545), Koto Salak, Rido (082285536065).

"Ini bentuk transparansi Bawaslu dalam merekrut jajarannya kebawah," tutup Redha Akmal.(*)

Reporter : MARYADI /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM