Ini Syarat dan Tahap Pendaftaran SNMPTN 2020


Jumat, 14 Februari 2020 - 18:40:43 WIB
Ini Syarat dan Tahap Pendaftaran SNMPTN 2020 Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 sudah mulai dibuka per hari ini per pukul 14.00 WIB.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyatakan masa pendaftaran SNMPTN itu dibuka secara online kurun waktu 14 Februari (pukul 14.00 WIB)-27 Februari 2020 (pukul 23.59 WIB).

Ada beberapa tahapan pendaftaran yang harus dipenuhi calon peserta yang sudah dinyatakan berhak untuk mendaftar SNMPTN di situs www.ltmpt.ac.id.

Paling pertama adalah masuk di portal tersebut lewat akun pribadi yang sudah dibuat. Masuk ke menu pendaftaran SNMPTN, lalu siswa mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi yang dipilih.

"Siswa mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi. Pilihan paling banyak 2 program studi, dengan alternatif pemilihan: (a) memilih 2 program studi dalam 1 PTN, (b) memilih masing-masing 1 program studi dari 2 PTN, dan (c) memilih hanya 1 program studi pada 1 PTN," demikian rilis yang ditandatangani Ketua LTMPT, Mohammad Nasih, Jumat (14/2).

"Siswa yang memilih program studi seni dan olahraga harus mengunggah dokumen portofolio sesuai program studi pilihannya. Template portofolio tersedia di laman Pendaftaran SNMPTN," demikian kelanjutan rilis itu.

Bagi siswa yang memiliki prestasi tambahan, arsip digital dokumen pendukung diminta juga untuk diunggah.

Selanjutnya, siswa bisa melengkapi isian data diri, identitas orang tua, dan data ekonomi keluarga. Bagi siswa difabel, diminta pula mengisi data disabilitasnya.

Setelah semua tahapan itu dilakukan, siswa diminta memberi tanda centang (√) pada kolom Pernyataan Keikutsertaan SNMPTN. Terakhir, siswa melakukan finalisasi pendaftaran dengan mencetak kartu tanda peserta sebagai bukti Peserta SNMPTN 2020.

"Setelah finalisasi dan cetak kartu, siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apapun," demikian peringatan LTMPT sebagai imbauan calon peserta mengisi form pendaftaran secara seksama.

Bagi calon peserta yang tak mencetak kartu tanda peserta bakal dianggap tidak menyelesaikan pendaftaran, dan tidak diikutsertakan dalam SNMPTN 2020.

Siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN 2020 dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id.

Jadwal dan Pengumuman

Dikutip dari situs www.snmptn.ac.id, untuk jumlah pilihan PTN dan program studi, siswa pendaftar dapat memilih paling banyak 2 program studi dalam 1 atau 2 PTN. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

"Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN," demikian tercatat dalam situs tersebut.

Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2020 dapat dilihat pada laman https://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN setelah proses pendaftaran adalah pengumuman hasil seleksi yang akan disampaikan secara sertenak pada 4 April 2020.

Setelah hari pengumuman SNMPTN 2020, jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat di lihat di masing-masing perguruan tinggi dituju.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM