Hujan Deras, Warga Padang Khawatir Banjir Semakin Tinggi


Jumat, 14 Februari 2020 - 19:37:53 WIB
Hujan Deras, Warga Padang Khawatir Banjir Semakin Tinggi Perumahan warga di Jalan Bandes Parak Jigarang, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji dilanda banjir akibat hujan turun, Jumat (14/2/2020).

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kota Padang, Provinsi Sumbar sejak Jumat siang (14/2/2020) berdampak pada genagan air ataupun banjir di sejumlah titik perumahan di kota itu. Akibatnya warga khawatir banjir akan semakin tinggi melanda permukiman mereka.

Dari pantauan Harianhaluan.com di Jalan Bandes Parak Jigarang, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, hujan deras membuat banjir setinggi mata kaki hingga betis orang dewasa terjadi di kawasan tersebut. Walhasil, pengendara harus ekstra hati-hati mengendarai motornya.

Air juga menggenagi rumah warga di Gang Baruang-baruang tepatnya di RT 01 RW 05 Parak Jigarang. Di sekitar kawasan tersebut air meluap dari gorong-gorong dan membuat air masuk hingga ke rumah warga.

Salah satu warga Jalan Bandes Parak Jigarang, Mel Triwilda mengatakan, hal seperti ini sudah biasa terjadi di daerah ini. Karena bandar di sekitar perumahan sudah tidak mampu lagi menampung tingginya curah hujan. Dia menyebut, saat ini kondisi dapur rumahnya sudah terendam banjir setinggi mata kaki.

"Biasa lah kalau sudah hujan deras, air menggenang di depan rumah. Kalau hujan tidak segera reda saya khawatir air hujan yang turun akan semakin tinggi," kata Mel, Jumat (14/2/2020).

Hal serupa juga dikatakan Onang (75). Dia menyebut, sejak Jumat siang kawasan di perumahannya sudah digenangi banjir hingga betis orang dewasa. Akibatnya sejumlah warga terpaksa memarkir kendaraan di tempat yang masih kering dan berjalan kaki menuju rumah masing-masing.

"Banjir ini salah satunya akibat air bandar meluap, karena sudah tidak sanggup lagi menampung debit air hujan sehingga kebanjiran. Kalau hujan makin deras, saya juga cemas takut makin tinggi banjirnya," ucap Onang.

Berdasarkan hasil analisis hujan pada Jumat (14/2/2020), Prakirawan BMKG Minangkabau merilis hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang terjadi di wilayah Kota Padang, Kepulauan Mentawai (Siberut), Pasaman Barat (Sei.Beremas, Ranah Batahan, Balingka, Lembah Melintang).

Kemudian, di Pasaman (Tigo Nagari,Bonjol), Padang Panjang, Tanah Datar (Batipuh, Pariangan, Sepuluh Koto), Padang Pariaman, Pariaman, Pesisir Selatan (Tarusan, Bayang lV Jurai, Batang Kapas, Sutera, Lengayang), dan dapat meluas ke wilayah Limapuluh Kota, Payakumbuh, Kabupaten Solok, Solok Selatan, dan sekitarnya. (*)

 Editor : Milna


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM