Rasanya Kualitas Dunia! Ini Dia Durian Paling Enak di Festival Durian Kubang 2020


Ahad, 16 Februari 2020 - 08:26:53 WIB
Rasanya Kualitas Dunia! Ini Dia Durian Paling Enak di Festival Durian Kubang 2020 Festival Durian Kubang 2020 di Lapangan Kampung Teleng Sawahlunto, Sabtu (15/02/20)

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Durian Songgan milik Dewi dari Dusun Sumpahan Desa Kubang Utara Sikabu Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto meraih juara 1 pada Festival Durian Kubang, Sabtu 15 Februari 2020 di Lapangan Kampung Teleng. 

Juara 2 diraih Durian Timbago milik Rozzen dari Dusun Polak Datar Desa Kubang Tangah, Juara 3 Durian Timbago milik Ilwandi dari Dusun Sonsek Desa Kubang Tangah. Sementara juara harapan 1 diarih Durian Bungkuak milik Andi dari Dusun Balai Tangah Desa Pasar Kubang dan juara harapan 2 durian Hijau milik Mismer dari Dusun Dalimo Gadang Desa Pasa Kubang.

Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kubang, Edrizon Effendi Khatib Bosa mengatakan, festival durian Kubang merupakan kegiatan alek Nagari. Tujuannya untuk mempertahankan komoditas unggul di Nagari dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Ini iven yang pertamakalinya, dan kami bertekad  gelaran Festival Durian Kubang ini akan kembali dilaksanakan di tahun - tahun mendatang. Sekaitan dengan itu, kami juga berharap iven ini bisa disinergikan dengan kelender iven Kota Sawahlunto sehingga kemeriahan dan kualitas acara dapat ditingkatkan," tuturnya.

Untuk penyelenggaraan Festival Durian Kubang edisi perdana ini lanjutnya, pihaknya akan melakukan evaluasi, sehingga untuk digelar tahun depan bisa lebih bagus dan menarik. Sementara untuk tahun depan juga direncanakan yang diikutkan tidak hanya buah duriannya saja, tapi juga termasuk produk turunan dari durian Kubang ini.

Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti sangat mengapresiasi Festival Durian Kubang serta bangga dengan semangat anak Nagari Kubang. Zohirin menyebutkan Pemerintah Kota Sawahlunto mendukung dengan menjadikan kegiatan tersebut sebagai event tahunan Kota Sawahlunto.

"Potensi Durian Kubang merupakan bagian dari kekayaan asli Kota Sawahlunto. Saya mendukung kegiatan anak Nagari Kubang ini karena bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjaga kelestarian Durian khas Kubang," ujarnya.

Sementara Ketua Tim Juri Penilaian Festival Durian Kubang Panca Jarot Santosa yang juga Kepala  Balai Penelitian Buah Tropika (Balitbutropika) Sumani Solok mengatakan, durian Kubang tidak kalah rasanya dengan durian berkualitas dunia seperti Durian Musang King. Kekurangan Durian Kubang sebutnya, hanya terletak pada biji yang agak besar.

"Kedepan kita akan cari jenis Durian Kubang dengan biji kempes. Saya berharap tahun depan akan muncul Durian Kubang yang lebih berkualitas melalui pemupukan yang baik," katanya. (*)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : DavidR
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]