PDAM Sawahlunto Sakit, Butuh Rp25 M untuk Perbaikan


Ahad, 16 Februari 2020 - 16:58:38 WIB
PDAM Sawahlunto Sakit, Butuh Rp25 M untuk Perbaikan Walikota, Deri Asta saat meninjau rumah Pompa Rantih yang saat ini tengah rusak dan mengakibatkan sistim IPA Kayu Gadang terganggu dan suplay air di Kecamatan Barangin juga terganggu. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Butuh Rp25 miliar bagi pemerintah Kota Sawahlunto, untuk melakukan perbaikan terhadap kerusakan yang tengah tejadi Perusaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat.

Walikota Deri Asta menilai, kondisi PDAM Sawahlunto dalam keadaan sakit, karena banyak persoalan menahun yang butuh penanganan, salah satunya disebabkan biaya produksi yang tinggi sedangkan harga jual masih rendah.
"Belum lagi tingkat kebocoran jaringan pipa PDAM yang mencapai 39 persen sehingga volume air yang  dijual ke masyarakat hanya 60 persen. Dimana kebocoran pipa ini ada yang disebabkan bencana alam dan ada yang faktor usia," ujar Wako.

Disebabkan keterbatasan anggaran di APBD jata Deri, pihaknya terus mencari jalan alternatif sumber dana lain. Salah satunya melalui Kementrian PUPR serta melakukan penjajakan bantuan pendanaan melalui Bank Dunia.
"Hasil penjajakan yang dilakukan, Bank Dunia bersedia membantu  pendanaan  sebesar 60 persen sementara 40 persen lagi dialokasikan melalui dana dari Kementrian PU," katanya.

Sebelumnya, suplay air kepelanggan PDAM Sawahlunto tengah terganggu disebabkan terjadinya kerusakan trafo pada pompa air di Rantih. Kerusakan trafo tersebut juga mempengaruhi sistem Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kayu Gadang, sehingga PDAM dengan kondisi tersebut kekurangan produksi air sebesar 50 liter/detik.(h/rki)

 

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 21:27:10 WIB

    160 Paket dari PDAM Padang Pariaman Dibagikan kepada Warga

    160 Paket dari PDAM Padang Pariaman Dibagikan kepada Warga PDAM Padang Pariaman turut berpartisipasi mendukung pemerintah membantu masyarakat yang terdampak virus Corona. Partisipasi itu dalam bentuk pemberian bantuan paket bahan pokok kebutuhan dasar masyarakat berupa beras, minyak.
  • Selasa, 14 April 2020 - 10:54:04 WIB

    Kualitas Air Keruh, Direktur PDAM Pasaman Minta Maaf ke Pelanggan

    Kualitas Air Keruh, Direktur PDAM Pasaman Minta Maaf ke Pelanggan PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Direktur PDAM Tirta Dharma Kabupaten Pasaman, Ahmad Subur menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggannya, terkait kualitas air yang keruh sejak beberapa hari terakhir. .
  • Selasa, 07 Januari 2020 - 15:19:15 WIB

    Ahmad Subur Siap Benahi PDAM Pasaman

    Ahmad Subur Siap Benahi PDAM Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM --Segudang persoalan dalam tubuh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Pasaman menjadi pekerjaan rumah yang wajib diselesaikan oleh direktur baru di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu. .
  • Kamis, 28 November 2019 - 15:53:57 WIB

    PDAM Sawahlunto Dapat Penyertaan Modal Rp250 Juta

    PDAM Sawahlunto Dapat Penyertaan Modal Rp250 Juta SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sawahlunto mendapatkan suntikan anggaran dalam APBD Kota Sawahlunto 2020, berupa penyertaan modal sebesar Rp250 juta, yang ditujukan untuk pembelian trav.
  • Selasa, 19 November 2019 - 20:58:00 WIB

    Tanggung Jawab Pelayanan Publik, Masyarakat Minta PDAM Sawahlunto Tidak Jual Air Tangki

    Tanggung Jawab Pelayanan Publik,  Masyarakat Minta PDAM Sawahlunto Tidak Jual Air Tangki SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM-Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sawahlunto yang menerima dampak gangguan pasokan air, akibat kerusakan trafo, meminta PDAM untuk memberikan pasokan air tangki secara gratis, seba.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]