Jangan Lupa..! Pendaftaran Akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN Mulai Dibuka Senin Ini


Senin, 17 Februari 2020 - 02:04:42 WIB
Jangan Lupa..!  Pendaftaran Akun LTMPT untuk UTBK SBMPTN Mulai Dibuka Senin Ini Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pendaftaran akun ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dibuka  mulai hari ini 17 Februari hingga 5 April 2020.

 Informasi ini bersumber dari Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 05/SE.LTMPT/2020. "Pendaftaran Akun LTMPT Tahap ke-2 ini diperuntukkan bagi siswa yang belum mempunyai akun LTMPT atau Siswa yang sudah mempunyai akun LTMPT tahap pertama (periode pendaftaran akun LTMPT tanggal 2 Desember 2019 - 10 Januari 2020) tetapi belum melakukan simpan data permanen," demikian bunyi surat dari Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, dalam surat edaran tertanggal 5 Februari.

Lakukan Pendaftaran akun LTMPT di situs resmi portal.ltmpt.ac.id. Registrasi akun siswa LTMPT ini menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

Pendaftaran (registrasi) akun di LTMPT wajib dilakukan calon peserta SBMPTN. Dengan akun LTPMT ini, maka pendaftar bisa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN. Tanpa mendaftar akun LTMPT, seseorang tidak bisa ikut UTBK untuk SBMPTN.

Setelah Anda mendaftar akun di portal resmi LTMPT, lakukan tahapan selanjutnya untuk menuju UTBK SBMPTN. 

Berikut adalah tahapan UTBK sebagaimana dilansir LTMPT:

1. Registrasi akun Siswa LTMPT menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir pada tanggal 17 Februari - 05 April 2020 di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
2. Melakukan login menggunakan username/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id.
3. Memilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa untuk mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata.
4. Memilih menu Pendaftaran UTBK. Memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.
5. Membayar di Bank Mandiri, BNI, atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.
6. Melakukan login kembali ke laman, memilih menu Pendaftaran UTBK untuk mencetak kartu peserta UTBK.
Mengikuti UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.(*)
 

 Sumber : Detik.com /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM