Viral Ucapan 'Salah Sendiri kok Beli', Begini Pembelaan Menkes


Senin, 17 Februari 2020 - 13:56:39 WIB
Viral Ucapan 'Salah Sendiri kok Beli', Begini Pembelaan Menkes Menkes Terawan (Lamhot Aritonang/detikcom)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Harga masker di pasaran meroket terkait heboh virus corona. Menkes Terawan yang sempat menyalahkan orang-orang sehat yang membeli masker, kini menjelaskan alasan mengapa harga masker melonjak.

"Pasar akan bermain. Kita cegah pakai apapun, pakai peraturan apapun tetap tidak bisa karena pasar akan bermain," kata Terawan di gedung Bina Graha, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).

Baca juga:Bicara Efek Hoax Corona, Menko PMK: Warga Ramai-ramai Borong Masker

Terawan menyebut sebaiknya yang memakai masker adalah orang-orang sakit atau yang berisiko tertular karena pekerjaan. Dia menyebut masyarakat sehat sebaiknya tidak perlu memakai masker.

"Karena itu saya menekankan dari WHO mengatakan yang pakai (masker) itu yang sakit, yang kedua yang bekerja di tempat risiko tinggi RS dengan penyakit infeksi, di ICU pun kalau bukan penyakit menular nggak pakai mereka. Sama saja mereka hanya cuci tangan, atau di kamar operasi. Jadi semua di tempat-tempat yang berisiko pakai masker," ucap Terawan.

"Yang tidak berisiko, masyarakat sehat tidak perlu pakai masker. Perlu juga dibuka dari NUAID kan sama," imbuh dia.

Jika pemakaian masker sesuai proporsinya, Terawan yakin harga masker bakal normal. Jika tidak, harga masker tetap tidak wajar.

'Jadi akan muncul efisiensi, kalau efisiensi harganya akan rasional sendiri. Kalau tidak efisien maka muncul irasionalitas. Percuma kita bikin peraturan apapun," sebut Terawan.

Terawan mengaku telah mengecek pabrik masker. Menurutnya, pabrik kini telah punya daftar prioritas pemasokan masker.

"Yang kedua, saya sudah cek ke pabrik-pabrik pembuatan, memang kosong kalau diorder, tapi mereka sebenarnya mereka sudah punya orderan ke pusat-pusat kesehatan sudah lengkap. Mereka semua prioritas, ke sarana-sarana kesehatan. Sudah saya cek, RS juga punya persediaan-persediaan. Saya pikir untuk apa kalau tidak untuk hal-hal seperti tadi, untuk yang sakit atau yang bekerja di tempat berisiko," beber Terawan.

Sebelumnya, pada Sabtu (15/2), Terawan sempat berucap 'salahmu sendiri kok beli' saat ditanya harga masker yang mahal. Menurutnya, masker itu untuk yang sakit saja.

"Masker, salahmu sendiri kok beli ya," kata Terawan di Halim Perdanakusuma. (*)

 Sumber : Detik /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 02 April 2020 - 07:37:11 WIB

    Viral! Warga Tolak Jenazah Pasien Corona Berujung Pemindahan Makam

    Viral! Warga Tolak Jenazah Pasien Corona Berujung Pemindahan Makam BANYUMAS, HARIANHALUAN.COM - Video warga mengerumuni sebuah ambulans viral di media sosial. Video yang salah satunya diunggah di akun Instagram @ndorobeii itu menuliskan keterangan yang menarasikan warga menolak pemakaman dua.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 20:53:39 WIB

    Usai Viral, Warga Awasi Pohon 'Petai' Raksasa di Banjarnegara

    Usai Viral, Warga Awasi Pohon 'Petai' Raksasa di Banjarnegara BANJARNEGARA, HARIANHALUAN.COM - Penemuan buah menyerupai petai berukuran jumbo di hutan Desa Panawaren, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara menjadi kekhawatiran tersendiri bagi warga. Sebab, pohon 'petai' raksasa itu saat ini vi.
  • Selasa, 17 Maret 2020 - 16:01:04 WIB

    Viral Pasien PDP Corona Dilepas RS, Kemenkes Ungkap Fakta Mengejutkan

    Viral Pasien PDP Corona Dilepas RS, Kemenkes Ungkap Fakta Mengejutkan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejak kemarin, beredar video seorang perempuan pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus Corona (COVID-19) yang dilepas oleh rumah sakit begitu saja, tanpa perlu diisolasi. Kementerian Kesehatan .
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 18:31:25 WIB

    Viral Logo Baru Kemenparekraf, Ini Jawaban Menteri Wishnutama

    Viral Logo Baru Kemenparekraf, Ini Jawaban Menteri Wishnutama JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio akhirnya buka suara soal logo baru Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang dalam beberapa waktu terakhir ramai d.
  • Senin, 06 Januari 2020 - 19:37:43 WIB

    Bocah yang Viral Sepedaan di Median Exit Tol Ngaku Iseng

    Bocah yang Viral Sepedaan di Median Exit Tol Ngaku Iseng PEKALONGAN, HARIANHALUAN.COM - Bocah yang nekat sepedaan di atas median di jalan akses Tol Pekalongan-Batang mengaku tidak tahu aksi yang dilakukannya berbahaya. Dia mengaku iseng saat melintas di jalur tersebut..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM