Hati-hati..! Jalinsum Berlubang, Dinas PUPR Segera Koordinasi dengan Balai


Senin, 17 Februari 2020 - 14:33:10 WIB
Hati-hati..! Jalinsum Berlubang, Dinas PUPR Segera Koordinasi dengan Balai Warga sekitar jalan yang berlobang memberi tanda agar pengendara khususnya sepeda motor tidak terjebak lobang tersebut. Foto/Maryadi

 

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Tingginya curah hujan hingga menggenangi badan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), menimbulkan banyak lubang menganga. Akibatnya, di kawasan tersebut rawan akan kecelakaan, khususnya pengendara sepeda motor. Warga sekitar pun berinsiatif memberi tanda pada lobang agar tidak ada korban jiwa.

Pantauan Harianhaluan.com di lapangan, beberapa titik Jalinsum rusak parah karena ada lubang besar dan dalam, hal ini sangat berbahaya bagi pengendara khususnya sepeda motor. Misalnya saja di Gunung Medan, Sikabau, KM 5 Pulau Punjung.

Lubang yang menganga di badan jalan tersebut diduga akibat air yang tergenang dari drainase yang tidak normal, jadi ketika curah hujan tinggi, maka air melimpah ke badan jalan membuat jalan tersebut hancur. Agar pengendara tidak mengalami kecelakaan, maka warga sekitar yang terpanggil untuk memberi tanda, maka diberi tanda agar pengendara tidak terjebak masuk ke dalam lubang tersebut.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Dharmasraya, Junnedy Yunus menjelaskan, bahwa Jalinsum yang berstatus jalan nasional tersebut, merupakan tanggung jawab dari Balai Jalan Nasional, namun pemerintah daerah akan melakukan koordinasi dengan balai.

Dengan demikian katanya, ia akan berkoordinasi dengan balai untuk memperbaiki jalan nasional tersebut, karena APBD Kabupaten Dharmasraya tidak boleh dipakai untuk jalan nasional, karena anggarannya ada pada APBN atau tanggung jawab pemerintah pusat. (*)

Reporter : Maryadi /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM