Supramu Santosa : Solsel Ada di Peta Energi Indonesia


Senin, 17 Februari 2020 - 16:31:57 WIB
Supramu Santosa : Solsel Ada di Peta Energi Indonesia Konfrensi Pers bersma Founder and Chairman PT Supreme Energy, Supramu Santosa dan CEO SEML Nisriyanto. Foto/Jefli

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Muara Laboh, Solsel targetkan produksi tahap ke-2 sebesar 65 Mega Watt (MW), setelah sukses tahap pertama dengan total investasi Rp8 triliun dengan daya 80 MW.

Hal itu disampaikan Founder and Chairman PT Supreme Energy, Supramu Santosa ketika peresmian operasi secara komersial PLTP Muara Laboh tahap-1 di Pekonina, Solsel, Senin (17/2/2020).

"Berkat perjalanan panjang yang penuh rintangan selama 12 tahun. Akhirnya, saat ini patut Kita syukuri. Solsel ada dalam peta energi Indonesia," ujarnya saat memberikan sambutan.

Pasalnya, Solsel dengan PLTP Muara Laboh, Solsel ikut mendukung pemerintah dalam mencapai sasaran bauran energi 2025.

"Semua keberhasilan itu berkat dukungan kuat dari pemerintah daerah, provinsi, PLN dan masyarakat Solsel khususnya selama kegiatan eksplorasi dan pengembangan," sebutnya.

Soal kelanjutan tahap dua, PT SEML pun telah berdiskusi dengan PLN dalam penentuan perjanjian jual beli listrik (PJBL) atau Power Purchase Aggreement (PPA) dengan kapasitas arus panas bumi 65 MW.

"Dengan eksplotasi ini kita mendukung pencapaian sasaran bauran energi terbarukan hingga 2025," katanya.

Dengan menggandeng ENGIE dan Sumitomo Corporation, sehingga dengan arus panas bumi ini dapat menerangi 340.000 rumah tangga.

CEO PT. Supreme Energy Muara Laboh (SEML), Nisriyanto menyebutkan PLTP Muara Laboh kontrak selama 30 tahun kedepan dengan PLN, koneksi listrik Sumatra. "Daya PLTP memperkuat kestabilan daya listrik dijalur Sumatra bagian tengah," katanya.

Menurutnya, perusahaan geothermal sangat peduli lingkungan karena hutan harus dijaga. Sebab, air diserap dari hutan, tanpa hutan air tidak akan disalurkan ke perut bumi.

"Kita juga lakukan rehabilitasi hutan. Kami sangat disiplin terkait lingkungan. Bahkan, selama tiga bulan sebelum eksploitasi kita pasang kamera untuk melihat keanekaragaman binatang untuk menjaga kelestariannya," katanya.

Peresmian PLTP Muara Laboh dihadiri oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Plt Bupati Solsel, Abdul Rahman, Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda, Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto, CEO SEML Nisriyanto, perwakilan PT PLN (Persero), ENGIE, Sumitomo Corporation, serta perwakilan pemberi dana JBIC, ADB, NEXI, Mizuho Bank, SMBC Bank, dan MUFG Bank. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]