Lisda Hendrajoni Sosialisasi Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik di Lengayang


Senin, 17 Februari 2020 - 18:16:41 WIB
Lisda Hendrajoni Sosialisasi Mengurangi Penggunaan Sampah Plastik di Lengayang Sosialisasi pengurangan penggunaan sampah plastik di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni, menggelar sosialisasi untuk mengurangi penggunaan sampah plastik sekali pakai di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin (17/2).

Kegiatan tersebut di ikuti sekitar 200 peserta yang tergabung dalam komunitas Sahabat Lisda Hendrajoni (SALIHA).

Pada kesempatan itu, Lisda Hendrajoni memaparkan, Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi lebih kurang 187,2 juta penduduk, setiap tahunnya menghasilkan sebanyak 3,22 juta ton sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik.

"Termasuk juga Pesisir Selatan. Sebagai daerah yang memiliki daerah pantai terpanjang di Sumatera Barat, Pessel menjadi salah satu daerah yang ikut menyumbang sampah plastik, sehingga turut mencemari lingkungan, termasuk laut dan sungai," kata Lisda.

Menurutnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jenna R. Jambeck dari University of Georgia, pada 2010 sekitar 275 juta ton sampah plastik dihasilkan di seluruh dunia. Bahkan, sekitar 4,8 sampai 12,7 juta ton diantaranya terbuang dan mencemari laut.

"Sampah plastik memberi sumbangsih 90% di lautan. Bahkan menurut pakar, butuh waktu 500 hingga 1.000 tahun untuk bisa terjadi penguraian. Tidak bisa kita bayangkan, seperti apa tercemarnya laut Indonesia saat ini," ucapnya.

Solusi dan pencegahan kata dia, dapat dimulai dari diri sendiri, dengan menanamkan cinta terhadap lingkungan, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, dan melakukan daur ulang terhadap sampah plastik yang telah dihasilkan.

"Mulai dari diri sendiri dan keluarga, dengan cara mengurangi penggunaan plastik di lingkungan sekitar, serta melakukan daur ulang sampah plastik yang sudah kita gunakan. Namun yang paling penting adalah menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan tempat," ujarnya. (h/kis)

 

 

Reporter : Okis /  Editor : Heldi

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]