Pemko Payakumbuh Pantau Harga Bawang Putih


Senin, 17 Februari 2020 - 20:34:16 WIB
Pemko Payakumbuh Pantau Harga Bawang Putih Penjual bahan kebutuhan pokok di Pasar Ibuh Payakumbuh. ZUL

PAYAKUMBUH, HARIAN HALUAN.COM -- Harga bawang putih kembali mengalami kenaikan dipasaran, namun kenaikan tersebut belum memberikan dampak kepada harga bahan pokok lainnya di kota Payakumbuh.

"Mudah mudahan sampai saat ini kenaikan harga bawang putih tidak berdampak, terhadap harga bahan pokok lainnya. Namun harga bawang putih tetap meningkat," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Payakumbuh Edvidel Arda kepada wartawan, Senin (17/02).

Edvidel juga menyebutkan, saat ini harga bawang putih di Payakumbuh mencapai harga Rp50.000 per kg. Kenaikan harga bawang putih saat ini memang belum sebesar pada 2019 yang mencapai Rp80.000 per kilogram.

"Harga ini naik dari harga normalnya. Kita bandingkan saja dengan 22 Januari lalu, bawang putih di pasar dijual di harga Rp30.000," jelasnya.

Sedangkan harga beras di pasar untuk kualitas 1 dijual Rp13.000 per kilogramnya, untuk kualitas 2 berada di harga Rp12.000 per kilogram. Selanjutnya, cabai merah keriting dijual pedagang Rp40.000 per kilogram.

Dikatakan, harga bawang merah Rp28.000 per kilogram dan daging sapi Rp120.000 per kilogram. Harga ini masih terbilang standar dan belum mengalami kenaikan," ucapnya.

Saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh belum menggelar operasi pasar seperti banyak daerah lainnya di Sumbar. Hal itu berdasarkan hasil rapat bersama OPD lainnya.

"Pekan lalu kita telah melakukan rapat, dan memang disepakati saat ini kita belum menggelar operasi pasar. Sebab, kita melihat harga masih belum terlalu tinggi apalagi bawang putih bukan seperti bahan pokok lainnya yang merupakan prioritas," ujarnya.

Meski begitu, kata Edvidel, tidak menutup kemungkinan Pemko Payakumbuh akan menggelar operasi pasar apabila harga terus meningkat di pasaran.

"Mudah-mudahan operasi pasar yang digelar kabupaten dan kota yang lain bisa berdampak kepada harga bawang putih, sehingga harga bisa kembali normalnya," jelasnya. (h/zkf)

Reporter : Zulkifli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM