Ketua DPRD Solsel Ingin Project PLTP Muara Laboh Tahap Dua Dipercepat


Senin, 17 Februari 2020 - 21:07:56 WIB
Ketua DPRD Solsel Ingin Project PLTP Muara Laboh Tahap Dua Dipercepat SITE project PLTP Muara Laboh PTSEML. JEFLI

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda berharap adanya percepatan produksi listrik tahap ke-dua dari Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Muara Laboh dengan daya 65 megawatt (MW).

"Setelah beroperasinya PLTP Muara Laboh tahap pertama dengan daya 80 MW dan jumlah investasi Rp 8 Triliun, maka Kita berharap project tahap dua segera dilaksanakan," kata Zigo pada harianhaluan.com, Senin (17/2).

Harapan itu, imbuh Zigo dikarenakan investasi geothermal PT Supreme Energy berdampak terhadap arus perputaran ekonomi (cash flow) di Solsel. "Perputaran ekonomi dari project PLTP itu bahkan melebihi perputran project infrastruktur yang ada di APBD Solsel," katanya.

Menurutnya, untuk project tahap dua tersebut bakal membutuhkan banyak tenaga kerja lokal juga. "Memang harus prioritas tenaga kerja lokal, namun untuk spesifikasi teknis memang harus tenaga professional dan putra/i Solsel harus bisa juga bersaing dalam proses penerimaan itu nantinya," ungkapnya.

Ia juga mengajak investor untuk menanamkan modal di Solsel dan  bakal mempermudah proses sesuai aturan. "Selama ini kendala investasi di Solsel itu terkait pasokan listrik. Tapi, sekarang Solsel surplus listrik sekitar 14 MW. Jadi sekarang Solsel sumber listrik sehingga investasi dipastikan aman," sebutnya.

Terpisah, Supramu Santosa selaku Founder and Chairman PT Supreme Energy menyatakan untuk project PLTP tahap dua pihaknya masih menunggu dan masih melakukan pembicaraan dengan PLN terkait harga. "Project tahap dua ini nantinya masih berada dilahan atau Wilayah Kerja Panas Bumi Supreme Energy Muara Laboh. Sedangkan terkait pola kerja akan tetap memakai tenaga kerja lokal. Bahkan untuk operator teknis di tahap pertama, semuanya orang Sumbar. Kita latih selama dua tahun, mereka lulusan perguruan tinggi terbaik," tuturnya. (h/jef)

Reporter : Jefli /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM