Hujan Deras, Genangan Air Rendam Pemukiman di Solok


Selasa, 18 Februari 2020 - 03:52:53 WIB
Hujan Deras, Genangan Air Rendam Pemukiman di Solok Genangan air yang terjadi di Kubung, Kabupaten Solok.

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM -- Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Solok sejak Senin (17/2) sore membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Solok kembali terendam genangan air. Sedikitnya, 20 unit rumah di perumahan Wahana Permai, Jorong Subarang, Nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung terendam genangan air setinggi betis orang dewasa. 

Pantauan harianhaluan.com, air luapan saluran irigasi yang berada di belakang komplek tersebut mulai naik sejak pukul 23.45 WIB seiring dengan curah hujan yang tak kunjung berhenti. Air naik begitu cepat, sehingga warga yang tengah terlelap tidur menjadi kelabakan menyelamatkan barang-barang yang ada di dalam rumah.

Menurut Fadhli (40), warga setempat menuturkan,  banjir yang merendam kali ini merupakan yang terparah sejak 20 tahun terakhir. “ Ini yang terparah, dulu pernah juga tapi tidak sampai setinggi ini. Itupun sudah sangat lama, sekira 20 tahunan lah,” bebernya. 

Hingga berita ini diturunkan, warga terus berjaga-jaga terhadap kemungkinan bertambahnya debit air, karena hujan tak kunjung berhenti.  Sementara Kadis PUPR Solok, Syaiful yang mendapat laporan tersebut langsung turun ke lokasi bersama Camat Kubung Ricky Carnova dan Kabid Kedaruratan BPBD Solok Khairul untuk memastikan kondisi warga. 

“Dugaan sementara, banjir diakibatkan oleh meluapnya jaringan irigasi yang berhulu ke Nagari Panyakalan. Kami akan lihat kondisinya besok pagi karena sekarang tidak kelihatan dimana jaringan irigasinya yang bermasalah,” kata Syaiful. 

Pihaknya bersama BPBD akan terus memantau lokasi terdampak banjir dan melakukan pendataan terkait kerusakan akibat bencana alam di wilayah itu. “Banyak objek vital seperti jalan, jembatan, jaringan irigasi yang rusak akibat bencana sebelumnya. Semuanya akan kita laporkan kepada Bupati untuk dilakukan langkah taktis penanganan,” bebernya. 

Sementara itu, Camat Kubung Ricky Carnova menyebutkan, pihaknya besok pagi akan membuat laporan kepada OPD terkait, terutama Dinas sosial untuk mengirimkan bantuan tanggap darurat kepada masyarakat terdampak banjir di daerah itu. “Kita akan minta Dinsos memeberikan bantuan kepada warga terdampak banjir. Karena banyak dapur warga yang terendam, mereka mungkin tidak bisa memasak,” ujarnya. 

Hujan yang tak kunjung berhenti dikhawatirkan akan membuat sejumlah kawasan di Kabupaten Solok terendam banjir. Dari informasi sementara, banjir sudah merendam beberapa nagari di daerah itu, seperti Muaro Paneh, Saok Laweh, Salayo, Tanjung Bingkuang dan Kotobaru.

“Itu laporan sementara yang masuk. Kalau hujan tak berhenti, bukan tak mungkin daerah lain juga terdampak banjir,” tutup Kabid Kedaruratan BPBD Solok, Khairul yang masih terus melakukan pemantauan ke sejumlah titik. (*)

Reporter : Wandi Malin /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 16 Maret 2020 - 05:13:37 WIB

    Viral, Hujan Terong Bikin Heboh Kota Teheran

    Viral, Hujan Terong Bikin Heboh Kota Teheran JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah mengganasnya Virus Corona atau COVID-19 di Iran. Warga Kota Teheran digemparkan dengan kemunculan video yang merekam kejadian aneh..
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 05:54:31 WIB

    Hati-hati Ya..! Seluruh Wilayah Jakarta Kembali Diguyur Hujan

    Hati-hati Ya..! Seluruh Wilayah Jakarta Kembali Diguyur Hujan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi seluruh wilayah Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas beragam pada pagi hari ini, Ahad, 1 Maret 2020..
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 05:56:42 WIB

    Hujan Deras Guyur Jakarta-Maluku, Ini Faktor Penyebabnya

    Hujan Deras Guyur Jakarta-Maluku, Ini Faktor Penyebabnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Jakarta diguyur hujan deras dari tadi malam. Hujan juga mengguyur wilayah lain di Pulau Jawa hingga Maluku. Kondisi ini dipengaruhi oleh badai di Samudera Hindia dan Australia..
  • Selasa, 25 Februari 2020 - 05:23:05 WIB

    Terus Diguyur Hujan, Bidara Cina Banjir 1,8 Meter

    Terus Diguyur Hujan, Bidara Cina Banjir 1,8 Meter JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kawasan dekat Kali Ciliwung, yakni Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, kebanjiran. Sitausi ini berlangsung sejak dini hari tadi..
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 19:37:53 WIB

    Hujan Deras, Warga Padang Khawatir Banjir Semakin Tinggi

    Hujan Deras, Warga Padang Khawatir Banjir Semakin Tinggi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kota Padang, Provinsi Sumbar sejak Jumat siang (14/2/2020) berdampak pada genagan air ataupun banjir di sejumlah titik perumahan di kota itu. Akibatnya warga khaw.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM