Hampir 75 Tahun RI Merdeka, Begini Kondisi SD di Kolaka Utara


Selasa, 18 Februari 2020 - 08:39:42 WIB
Hampir 75 Tahun RI Merdeka, Begini Kondisi SD di Kolaka Utara Bangunan Kelas Jauh SDN 1 Matalueno (Sitti-detikcom)

FEATURE,HARIANHALUAN.COM-Sangat menyedihkankan, hanya bertalantaikan tanha,  dindingnya terbuat dari papan kayu yang kian hancur dimakan rayap.  

Begitu kondisi Kelas Jauh Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Matalueno yang terletak di pedalaman Desa Lengkong Batu, Pakue Tengah, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, jauh dari kesan layak. 

Sekolah itu berdiri dengan bangunan kayu yang telah lapuk dimakan rayap dan beralaskan tanah.

Saat dihampiri detikcom, Senin (18/2/2020), sekolah itu kondisinya tidak layak. Dinding yang terbuat dari papan kayu itu sudah mulai berlubang karena dimakan rayap.


Meski begitu, sekolah itu tetap dijadikan anak-anak sekitar belajar menuntut ilmu. Dengan kondisi bangunan sekolah yang seperti itu, semangat anak-anak tetap membara untuk mencari ilmu.


Kelas yang disebut 'Kelas Jauh' ini dibangun sejak Tahun 2017. Siswa yang belajar di sekolah itu ada 31 murid, itu sudah di total dari kelas 1 hingga kelas 6 SD. Ukuran kelas sekitar 3x6 meter.

Untuk diketahui, kelas ini memang sengaja dibangun untuk mereka yang tinggal di daerah pegunungan. Sebab, letak sekolah induk SD Negeri 1 Mataleuno berada di Desa Mataleuno, Pakue Tengah.

Kepala Desa Lengkong Batu, Yunus, mengatakan bahwa kelas jauh ini dibangun oleh masyarakat setempat karena di daerah tersebut tidak ada sekolah dasar sementara untuk ke desa induk harus ditempuh sepanjang 8 km dengan mendaki gunung.

"Ada dua dusun di desa itu (Lengkong Batu) jadi anak-anak yang tinggal di dua dusun ini yang bersekolah di kelas jauh, karena jika di sekolah induk cukup jauh dan harus mendaki gunung," terangnya.


Oleh karena itu, Yunus berharap agar pemerintah setempat agar memperhatikan sekolah itu, walaupun kelas itu dibuat untuk anak pedalaman. Tetapi, mereka juga pantas mendapat fasilitas layak seperti di sekolah induk.

"Mudah-mudahan bisa diperhatikan supaya anak-anak juga bisa lebih nyaman dalam menerima pelajaran," harapnya.

Kelas jauh ini hanya memiliki dua ruangan yakni ruang guru dan ruang untuk belajar. Guru yang mengajar di Kelas Jauh itu juga terbatas sehingga kelas I sampai kelas VI belajar di ruangan yang sama dan hanya diajar oleh satu guru saja.(*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM