Longsor Terjang Limapuluh Kota,  TNI dan Warga Singkirkan Material


Selasa, 18 Februari 2020 - 10:54:25 WIB
Longsor Terjang Limapuluh Kota,  TNI dan Warga Singkirkan Material -Akibat tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir ini, berdampak terjadinya bencana tanah longsor di sejumlah titik Kabupaten Limapuluh Kota. DADANG ESMANAutama

LIMAPULUH KOTA,HARIANHALUAN.COM-Akibat tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir ini, berdampak terjadinya bencana tanah longsor di sejumlah titik Kabupaten Limapuluh Kota, terutama di kawasan selatan.

Longsor  juga sempat menutup akses jalan yang menuju perkampungan warga. Seperti yang terjadi di Kecamatan Lareh Sago Halaban dan Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

"Kita kerahkan anggota untuk menyingkirkan material longsor ini dari badan jalan. Sehingga akses transportasi masyarakat kembali lancar," ucap Letkol Kav Fery Lahe Dandim 0306/ 50 Kota melalui Kapten Czi Alseprizal Danramil 04/Luak pada Selasa (18/2) siang.

Diterangkan Kapten Czi Alseprizal, sejumlah Babinsa disebar ke berbagai titik lokasi yang tertimbun material longsor. Seperti yang terjadi di Jorong Bawah, Nagari Situjuh Ladang Laweh, Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

Kemudian, Koramil 04/Luak yang meliputi wilayah teritorial di Kecamatan Luak, Kecamatan Lareh Sago Halaban dan Kecamatan Situjuah Limo Nagari itu juga memantau kondisi di beberapa titik lainnya.

"Longsor yang menimbun badan jalan di Jorong Kapalo Koto, Nagari Halaban Kecamatan Lareh Sago Halaban, pembersihannya  dilakukan secara manual. Ada anggota kita yakni Babinsa Serka Zulkifano disana untuk mengajak masyarakat lakukan pembersihan. Juga ada tim gabungan bersama Polri dan BPBD," ucapnya lagi.

Sesuai perintah Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe, kata Kapten Czi Alseprizal,  untuk setiap saat perduli dengan kondisi dan peka terhadap situasi yang terjadi di wilayah masing - masing. Kemudian, secara cepat lakukan mitigasi terhadap bahaya bencana dan bersama masyarakat lakukan penanggulangan. (h/ddg)

Reporter : DADANG ESMANA /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM