Pessel Dapat Bantuan Dana Peremajaan Sawit Rakyat Rp8,95 Miliar


Selasa, 18 Februari 2020 - 15:19:34 WIB
Pessel Dapat Bantuan Dana Peremajaan Sawit Rakyat Rp8,95 Miliar Ilustrasi

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Sektor pertanian merupakan salah satu sektor unggulan di Kabupaten Pesisir Selatan, bahkan sebagai prioritas pembangunan Pessel. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Hendrajoni pada saat launching Tumbang Chipping Program Kelapa Sawit Rakyat di Nagari Lubuk Bunta Kecamatan Silaut, Selasa (18/02). 

Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Bantuan Dana Peremajaan Sawit Rakyat dari Badan Peremajaan Kelapa Sawit (BDPKS) Kementerian Keuangan RI.

Menurut Bupati Hendrajoni, Pesisir Selatan mendapat bantuan ini sebesar Rp8,95 miliar. Saat ini terdapat seluas 358 Ha untuk 3 kelompok, yaitu KUBE Bina Usaha Mandiri Nagari Lunang Duai Kecamatan Lunang ada 104 Ha, KSU Langgeng Jaya Sejahtera, KSU Langgeng Jaya Sejahtera Nagari Sungai Pulai, 107 Ha, dan Kelompok Tani Karya Bersama Nagari Lubuk Bunta 147 Ha di Kecamatan Silaut.

Bupati Hendrajoni berharap agar seluruh bantuan ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan produksi pertanian, khususnya perkebunan.

"Kita ingin seluruh masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan, mulai dari Koto XI Tarusan hingga Silaut," kata bupati.

Sementara Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan Ir Nuzirwan MT dalam laporannya mengatakan, lahan yang diremajakan ini sudah diusulkan tumpang sari komoditi jagung.

"Untuk menjembatani hubungan antara petani kelapa sawit dengan pihak pabrik, bupati telah melantik kepengurusan DPD APKASINDO Kabupaten Pesisir Selatan," kata Nuzirwan.

Nuzirwan berharap agar asosiasi ini dapat berperan aktif membina kemitraan dengan perusahaan kelapa sawit.

Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah kepala perangkat daerah, perwakilan BDPKS dan Kementerian Keuangan RI, anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Dapil V, Kepala DPP APKASINDO dan tokoh masyarakat Kecamatan Silaut.(*)

Reporter : M Joni /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 18:01:55 WIB

    Lakitan Mart Pessel Diresmikan

    Lakitan Mart Pessel Diresmikan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, mengajak masyarakat setempat khususnya para perantau agar membuka sebanyak-banyaknya tempat usaha di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu. Hal tersebut, kata .
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 23:12:50 WIB

    Kopi Arabica Terbukti Bisa Tumbuh dan Berkembang di Pessel

    Kopi Arabica Terbukti Bisa Tumbuh dan Berkembang di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas poho.
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 21:29:38 WIB

    Terpilih Jadi Ketua, Aprial Habas: Dekopinda Pessel siap Majukan Perekonomian Rakyat

    Terpilih Jadi Ketua, Aprial Habas: Dekopinda Pessel siap Majukan Perekonomian Rakyat PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Ketua terpilih Dekopinda Pesisir Selatan H.Aprial Habas, mengatakan, keberadaan koperasi sangat berperan penting di tengah masyarakat, terutama dalam  menumbuhkan perekonomian masyarakat di Kabupat.
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 21:35:58 WIB

    Pessel Targetkan IB Sapi Tahun Ini 11.750 Ekor

    Pessel Targetkan IB Sapi Tahun Ini 11.750 Ekor PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatra Barat pada 2020 menargetkan Inseminasi Buatan (IB) sebanyak 11.750 bibit sapi unggul. Ternak sapi sebelum dilaksanakan.
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 18:49:27 WIB

    Mutu Kopi Nagari Koto Rawang Pessel Terus Ditingkatkan

    Mutu Kopi Nagari Koto Rawang Pessel Terus Ditingkatkan PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Nagari Koto Rawang, Kecamatan IV Jurai Pessel terus berupaya meningkatakn kualitas bubuk kopi di daerahnya. Tujuannya untuk menjamin mutu kopi tetap semakin diminati konsumen. Hal ini dis.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM