Ayo ke Sijunjung! Ini Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi


Selasa, 18 Februari 2020 - 23:57:15 WIB
Ayo ke Sijunjung! Ini Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung, Afrineldi.

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Sejak Silokek diresmikan sebagai kawasan geopark Nasional pada 2018, Kabupaten Sijunjung semakin gencar mengembangkan sektor wisatanya. Berkah alam menjadikan Sijunjung memiliki ciri khas, berpadu dengan budaya yang difokuskan dalam sebuah desa adat.

Kawasan Geopark Nasional Silokek adalah tujuan utama jika datang ke kabupaten ini. Dari pusat Kota Sijunjung menuju Geopark Nasional Silokek tidak membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 45 menit.

Geopark Silokek ini seakan berada di tempat yang jauh dari jangkauan dunia luar dan jadi tempat tepat jika ingin rehat sejenak dari hiruk-pikuk aktifitas sehari-hari. 

Daya tarik utama di Geopark Silokek ini adalah keberadaan tebing menjulang yang jadi salah satu alasan mengapa kawasan ini layak sebagai Geopark Nasional. 

Lokasi lain yang wajib dikunjungi adalah Ngalau Basurek. Di ngalau ini, sudah dilengkapi fasilitas gazebo untuk tempat bersantai. Hawa dingin dan gelap disertai lalu lalang kelelawar cukup membuat adrenalin meninggi.

Memasuki Ngalau Basurek harus membawa senter atau alat penerangan lainnya. Di dalam ngalau ini stalaktit-stalaktit beragam bentuk menjadi daya tarik khas yang membuat ngalau selalu ramai dikunjungi wisatawan yang bertandang ke Geopark Nasional Silokek.

Kemudian, perkampungan Adat Nagari Sijunjung yang tepatnya berada di Jorong Koto Padang Ranah dan Tanah Bato merupakan dua wilayah yang masih utuh sepanjang perjalanan historis Kerajaan Pagaruyung yang dimulai dari abad ke-14.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung, Afrineldi dalam acara pembukaan ulang tahun ke-71 ini menambahkan, banyak potensi wisata yang bisa digarap di daerahnya. Seperti, Geopark Silokek, ngalau dan wisata lainnya. 

"Kita menawarkan wisata dengan kearifan lokal di Sijunjung," sebut Afrineldi di sela pembukaan Festival Lansek Manih 2020.

Disebut Afrineldi, dengan masyarakat yang multi kultur, Sijunjung juga bisa menghadirkan berbagai macam kesenian daerah, mulai dari Tari Tor-tor khas Medan, gandang tasa khas Minang, tari Jawa dan sebagainya.

"Wisata di Sijunjung dapat menjadi pilihan masyarakat yang ingin berlibur. Potensi ini juga bisa membawa nama Kabupaten ini  lebih dikenal oleh masyarakat luar Sumatra Barat," tutupnya. (*)

 Sumber : istimewa /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]