Bukittinggi Belum Sanggup Jadi Tuan Rumah Porprov 2020


Rabu, 19 Februari 2020 - 00:36:24 WIB
Bukittinggi Belum Sanggup Jadi Tuan Rumah Porprov 2020 Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Ditunjuknya Kota Bukittinggi sebagai tuan rumah untuk tiga cabang olahraga (Cabor) dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke XVI tahun 2020 disikapi oleh pemerintah daerah setempat.

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengatakan, sebelumnya Pemprov Sumbar telah menunjuk 9 kabupaten/kota di Sumbar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Porprov 2020.  

Penunjukan itu sehubungan dengan pengunduran diri Kabupaten Pasaman Barat sebagai tuan rumah Porprov Sumbar 2020

Dengan pengunduran diri secara resmi Pasaman Barat sebagai tuan rumah Porprov 2020, Pemprov Sumbar mencarikan solusi agar iven olahraga itu dapat diselenggarakan dengan menunjuk 9 kabupaten/kota sebagai tuan rumah untuk tiga cabor, yakni bola basket, tenis meja dan kempo.

“Kita berterimakasih dan meapresiasi ditunjuknya Kota Bukittinggi sebagai tuan rumah Porprov. Namun, mengingat keterbatasan keuangan daerah dan pertimbangan lainnya, Pemko Bukittinggi belum sanggup sebagai tuan rumah untuk saat ini. Kita bukan menolak sebagai tuan rumah, tapi belum sanggup untuk melaksanakannya,” kata Ramlan, kepada harianhaluan.com, Selasa (18/2).

Ia menjelaskan, belum sanggupnya Pemko Bukittinggi dalam  menyelenggarakan Porprov 2020 untuk tiga cabang olahraga tersebut disebabkan kemampuan anggaran dan beban daerah yang sangat berat. 

Belum lagi pelaksanaan Porprov yang berdekatan dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020, sehingga anggaran  banyak tersedot untuk itu. Namun demikian, Kota Bukittinggi tetap mengirimkan atlet untuk Porprov 2020.

“Untuk Porprov 2020 ini, tidak hanya Bukittinggi saja yang menyatakan belum sanggup, tapi juga ada beberapa daerah lain yang sudah ditunjuk, tapi tidak sanggup juga  untuk melaksanakan."

"Bahkan, tuan rumah Pasaman Barat yang sudah ditunjuk sebelumnya juga tidak sanggup untuk melaksanakan Porprov tersebut,” ujar Ramlan.

Menurut Ramlan, penunjukan Bukittinggi sebagai tuan rumah penyelenggara hanya berdasarkan SK Gubernur saja serta dibicarakan di tingkat provinsi. 

Seharusnya, daerah-daerah yang akan ditunjuk sebagai tuan rumah tersebut, diajak berbicara atau musyawarah terlebih dahulu terkait kesiapan dan kesanggupan daerah untuk melaksanakannya.

“Bukittinggi hanya ditunjuk saja dan tidak pernah diajak bicara terlebih dahulu. Bahkan, Pemko Bukittinggi belum menyetujui sebagai tuan rumah untuk tiga cabor di Porprov tersebut,” ungkap Ramlan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), Supadria ketika dihubungi membenarkan bahwasanya Pemko Bukittinggi belum sanggup sebagai tuan rumah dalam Porprov tahun ini. 

Ketidaksanggupan ini juga telah disampaikan Pemko Bukittinggi kepada Gubernur Sumbar melalui surat Nomor 556/099 Tanggal 31 Januari Tahun 2020.

Menurut Supadria, adapun yang menjadi pertimbangan pemerintah daerah untuk Porprov 2020 ini diantaranya keterbatasan anggaran daerah, fasilitas yang kurang memadai, serta pelaksanaan Porprov yang berdekatan dengan Pilkada 2020. 

Disamping itu keputusan yang diambil tentu harus dibicarakan terlebih dahulu. Penunjukan Bukittinggi sebagai tuan rumah ini memang berdasarkan SK Gubernur Sumbar. 

SK tersebut turun di perjalanan. Untuk menindaklanjutinya tentu harus kita bicarakan dengan DPRD mengingat anggaran daerah yang terbatas.

"Meski Bukittinggi belum sanggup sebagai tuan rumah, namun secara prinsip kita akan turut mensukseskan Porprov Sumbar 2020,” tutup Supadria. (*)

loading...
Reporter : Gatot /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 16 Desember 2019 - 21:33:29 WIB

    HKDSB Bukittinggi Helat Turnamen Walikota Cup 1 Disabilitas

    HKDSB Bukittinggi Helat Turnamen Walikota Cup 1 Disabilitas BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM-Sekitar 250 orang penyandang disabilitas dari 6 kabupaten/kota di Sumbar, mengikuti Turnamen Walikota CUP 1 Disabilitas selama dua hari di  Kota Bukittinggi, Senin-Selasa (16-17/12)..
  • Selasa, 09 Juli 2019 - 23:20:12 WIB

    Di Nagari Koto Dalam Selatan, Mahasiswa KKN IAIN Bukittinggi dan Unand Gelar Turnamen Voli

    Di Nagari Koto Dalam Selatan, Mahasiswa KKN IAIN Bukittinggi dan Unand  Gelar Turnamen Voli PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Institut Agama Islam (IAIN) Bukittinggi dan Universitas Andalas (Unand) melakukan turnamen Voly tingkat nagari Koto Dalam Selatan, Kecamatan Padang Sago, Ka.
  • Jumat, 03 Agustus 2018 - 11:49:19 WIB

    Kirab Obor Asian Games 2018, Romantisme Berusia 56 Tahun di Bukittinggi

    Kirab Obor Asian Games 2018, Romantisme Berusia 56 Tahun di Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – Singgahnya obor api Asian Games di Bukittinggi, Kamis (2/8), seolah menguak kenangan indah di masa silam. 56 tahun yang lalu, persisnya tahun 1962, obor Asian Games juga pernah menyinggahi ko.
  • Jumat, 27 Juli 2018 - 11:43:16 WIB

    Api Obor Asian Games Lalui Lubang Japang Bukittinggi

    Api Obor Asian Games Lalui Lubang Japang Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Kota Bukittinggi satu-satunya daerah di Sumbar yang bakal di lewati api obor Asian Games XVIII 2018. Api obor itu juga akan melewati Lobang Jepang (baca: Lubang Japang) Bukittinggi. Menurut jad.
  • Jumat, 10 November 2017 - 13:18:12 WIB

    IMI Gelar Musprov di Bukittinggi

    IMI Gelar Musprov di Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN,COM -- Akhirnya Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (Pengprov IMI) Sumatera Barat menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) yang tertunda. Seharusnya Musprov sudah diadakan tahun 2016 lalu, namun.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]