Gerindra Bingung Mahfud Md yang Profesor Hukum Sebut Salah Ketik RUU Hal Biasa


Rabu, 19 Februari 2020 - 11:23:31 WIB
Gerindra Bingung Mahfud Md yang Profesor Hukum Sebut Salah Ketik RUU Hal Biasa Mahfud MD

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Habiburokhman bingung dengan pernyataan Menko Polhukam Mahfud Md. Kebingungan Habiburokhman lantaran Mahfud menyebut salah ketik di Pasal 170 RUU Cipta Kerja dianggap hal biasa.
"Terkait kontroversi Pasal 170 RUU Cipta Kerja saya bingung dengan statement Pak Menko Polhukam bahwa salah ketik itu biasa," kata Habiburokhman kepada wartawan, Rabu (19/2/2020).

Menurut Habiburokhman, Mahfud yang menyandang gelar profesor seharusnya cermat dan teliti dalan menyusun RUU. Penulisan yang RUU yang cemat dan telitit menurutnya harus dijaga ketat.

"Sebagai Prof hukum beliau pasti paham bahwa ketelitian dan kecermatan penulisan draft dokumen hukum harus sangat dijaga," ujar Anggota DPR Komisi III tersebut.

Habiburokhman menilai sangat bahaya bila salah ketik penulisan RUU dianggap biasa. Menurutnya dalam penulisan RUU harus melalui pengecekan berlapis agar tak menimbulkan kontroversi di kemudian hari.

"Bahaya sekali kalau salah ketik di anggap biasa. Penyusunan draft RUU Cipta Kerja seharusnya melewati pengecekan berlapis. Salah ketik bisa menimbulkan kegaduhan yang kontraproduktif," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, PKS menilai pernyataan Menko Polhukam Mahfud Md berbahaya saat menganggap kesalahan teknis dalam draf RUU itu hal biasa. Menurut PKS, salah ketik di Pasal 170 RUU Cipta Kerja menunjukkan kecerobohan di internal tim pemerintah.

"Anggapan biasa dan bisa diperbaiki bahaya. Karena sudah jadi naskah resmi pemerintah yang diajukan publik bisa menilai betapa cerobohnya tim pemerintah. Kesalahan pada level UU sangat berbahaya," ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, kepada wartawan, Selasa (18/2). (h/*)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]