Diantarkan Sejumlah Ninik Mamak, Ramlan-Syahrizal Serahkan  Syarat Dukungan ke KPU Bukittinggi


Rabu, 19 Februari 2020 - 15:13:50 WIB
Diantarkan Sejumlah Ninik Mamak, Ramlan-Syahrizal Serahkan  Syarat Dukungan ke KPU Bukittinggi Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias DT Nan Basa dan Syahrizal DT Palang Gagah, menyerahkan berkas syarat dukungan ke kantor KPU Bukittinggi, Rabu (19/2). foto GATOT

BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM-Bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias DT Nan Basa  dan Syahrizal DT Palang Gagah   yang maju melalui jalur Independen, menyerahkan berkas syarat dukungan perseorangan  ke kantor KPU Bukittinggi, Rabu (19/2/2020).

Ramlan-Syahrizal datang ke KPU dengan menggunakan mobil Hardtop, yang didampingi ninik mamak kurai Irwandi Dt Batujuah serta perwakilan ninik mamak lainnya. Berkas syarat dukungan sebanyak 10 Box  tersebut,   dibawa ke KPU dengan menggunakan  1 unit mobil Colt L300, dan diiringi dengan puluhan mobil pendukung Ramlan-Syahrizal.

“Kami datang ke KPU untuk menyerahkan seluruh berkas syarat dukungan sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota yang maju melalui  jalur perseorangan untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Bukittinggi 2020. Berkas syarat dukungan yang kita bawa sekitar  21.975 dukungan,” kata Ramlan.

Ia mengatakan, syarat dukungan yang dibawa ke KPU ini  telah melebihi dari persayaratan yang ditetapkan oleh KPU. Dimana syarat dukungan untuk calon  perorangan ini minimal jumlahnya 8.145 dukungan, atau 10 parsen dari jumlah penduduk Bukittinggi  yang terdaftar dalam  Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“DPT kita sekitar 81.000. Artinya persyaratan dukungan minimal sekitar 8.100 dukungan. Alhamdulillah syarat dukungan yang kita serahkan melebihi 300 parsen. Kami menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan kepada kami. Ada 20-30 parsen  dukungan perkelurahan yang kita serahkan ke KPU.  Dengan dukungan 300 parsen ini, kita  yakin dan percaya bisa lolos dalam pencalonan ,” ujar Ramlan.

Ia juga mengakui, pencalonan perseorangan pada pilkada kali ini berbeda sekali dibanding waktu maju pada pilkada 2015 lalu. 

“Dulu waktu kita maju melalui perseorangan tidak sesulit ini. Sekarang sangat sulit sekali, karna harus masuk ke Silon KPU. Bahkan untuk foto copi KTP warga sebagai syarat dukungan,  menghabiskan waktu empat hari, yang dimulai dari jam 08 pagi- 11 malam,” seloroh Ramlan.

Sementara itu Plt Ketua KPU Bukittinggi Yasrul mengatakan,  bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias – Syahrizal, menjadi bakal calon kepala daerah pertama yang menyerahkan syarat dukungan ke KPU sebagai  bakal calon yang maju melalui jalur  independen. Tahapan penyerahan syarat dukungan  dimulai dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2020.

“Berkas syarat dukungan calon perseorangan yang telah kita terima ini, akan dilakukan pemeriksaan dan pengecekan, seperti jumlah minimal dukungan, jumlah sebaran, dan kecocokan antara  silon dengan surat dukungan. Sedangkan untuk verifikasi  administrasi kita lakukan pada tanggal 27 februari sampai 24 Maret 2020,” kata Yasrul.

Menurutnya,  untuk Pilkada Kota Bukittinggi memang recor bakal pasangan calon yang maju melalui jalur independen,   dibanding dengan daerah lain. “Sampai saat ini sudah ada tiga bakal pasangan  calon yang maju untuk jalur independen. Untuk dua pasangan calon lainnya, dalam waktu dekat mereka juga akan menyerahkan berkas syarat dukungannya ke KPU,” ujar Yasrul. (*)

Reporter : RUDI GATOT /  Editor : Dodi Nurja

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM