Peduli Masyarakat, Pemko Sawahlunto Gelar Operasi Pasar Bawang Putih


Rabu, 19 Februari 2020 - 18:08:50 WIB
Peduli Masyarakat, Pemko Sawahlunto Gelar Operasi Pasar Bawang Putih Pemko Sawahlunto bersama TTIC kantor UPTD Distribusi Pasokan dan akses pangan Dinas Pangan Provinsi Sumbar gelar operasi pasar bawang putih, Rabu, 19 Februari 2020. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM- Bekerjasama dengan Kementrian Pertanian dan Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat, Pemko Sawahlunto gelar operasi pasar, Rabu 19 Februari 2020. Kegiatan yang digelar di lapangan parkir Balaikota setempat itu menjual bawang putih dengan harga Rp32 ribu perkilogram.

"Operasi pasar ini untuk menyikapi melambungnya  harga bawang putih yang sampai saat ini menyentuh angka Rp60 ribu perkilogram," ujar Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Sawahlunto, Andy Rastika.

Andy mengungkapkan, dengan operasi pasar ini, diharapkan dapat menstabilkan harga bawang putih di pasaran. Ada sekitar 1 ton bawang putih yang disediakan untuk operasi yang digelar kali inin

"Kenaikan harga bawang putih ini berimbas terhadap Inflasi di Sumatera Barat. Di Januari saja, inflasi di Sumbar telah mencapai 0,6 persen. Pemko Sawahlunto segera mengambil tindakan, salah satunya dengan bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan  Provinsi dalam menyediakan stok 1 ton bawang putih," ujarnya.


Tindakan ini sesuai dengan prosedur, dimana ketika  terjadi lonjakan harga barang mencapai 25 persen atau lebih, maka Pemerintah harus segera melakukan  operasi pasar, untuk menstabilkan harga.

"Untuk operasi pasar ini dilakukan oleh TTIC kantor UPTD Distribusi Pasokan dan akses pangan Dinas Pangan Provinsi Sumbar," ujarnya.(h/rki)

Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM