Diantar Puluhan Relawan, Endre Syaifoel-Nasrul Serahkan 5 Boks Syarat Dukungan ke KPU


Rabu, 19 Februari 2020 - 19:24:52 WIB
Diantar Puluhan Relawan, Endre Syaifoel-Nasrul Serahkan 5 Boks Syarat Dukungan ke KPU Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung H.Endre Syaifoel-Nasrul menyerahkan berkas syarat dukungan yang diterima langsung kepada Ketua KPU Sijunjung Lindo Karsyah, Rabu (19/2), di Kantor KPU Sijunjung.

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Diantar puluhan relawan BERNAS (Bersama Endre Syaifoel-Nasrul) bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung H Endre Syaifoel dan Nasrul, yang maju melalui jalur independen, Rabu (19/2), menyerahkan berkas syarat dukungan perseorangan ke Kantor KPU Sijunjung.

Berkas syarat dukungan sebanyak 5 box  tersebut dibawa Endre Syaifoel-Nasrul ke KPUD Sijunjung dengan menggunakan iring-iringan mobil didampingi timses dan puluhan relawan BERNAS. 

“Kami datang ke KPU untuk menyerahkan seluruh berkas syarat dukungan sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung yang maju melalui jalur perseorangan untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Sijunjung 2020. Berkas syarat dukungan yang kita bawa sekitar 24.015 dukungan, yang tersebar di delapan kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Sijunjung,” kata Endre Syaifoel yang akrab disapa Haji Wen kepada awak media usai penyerahan persyaratan calon.

Haji Wen menambahkan syarat dukungan yang dibawa ke KPU tersebut telah melebihi dari persyaratan yang ditetapkan oleh KPU. Di mana syarat dukungan untuk calon perorangan ini minimal jumlahnya 15.660 dukungan, atau 10 persen dari jumlah penduduk yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“DPT kita sekitar 159.595, artinya persyaratan dukungan minimal sekitar 15.660 dukungan. Alhamdulillah syarat dukungan yang kita serahkan melebihi 153 persen. Kami menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan dukungan kepada kami. Dengan dukungan yang kita miliki ini, kita  yakin dan percaya bisa lolos dalam pencalonan,” ujarnya.

Mantan anggota DPR-RI 2014-2019 tersebut menambahkan pencalonan dirinya kali ini sangatlah berbeda dengan pencalonan legislatif sebelumnya, di mana saat ini keinginan dirinya maju di jalur independen adalah masyarakatlah yang memilih, mencalonkan dan mengusungnya maju sebagai calon bupati bukan partai, meskipun dirinya seorang kader partai.

"Saat ini, saya ingin menjadi bupatinya masyarakat bukan bupatinya partai politik dan saya tidak mau membebankan partai serta tidak mau terbebani oleh partai. Jadi kita fokus dan bertanggung jawab terhadap pembangunan masyarakat Kabupaten Sijunjung," kata Haji Wen.

Sementara itu, Ketua KPU Sijunjung Lindo Karsyah didampingi komisoner KPU dan sekretaris KPU Irzal Zamzami mengatakan bahwa bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung Endre Syaifoel-Nasrul menjadi bakal calon kepala daerah pertama di hari pertama pendaftaran yang menyerahkan syarat dukungan ke KPU sebagai bakal calon yang maju melalui jalur independen. Tahapan penyerahan syarat dukungan dimulai dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2020 mendatang.

“Berkas syarat dukungan calon perseorangan yang telah kita terima ini, akan dilakukan pemeriksaan dan pengecekan, seperti jumlah minimal dukungan, jumlah sebaran, dan kecocokan antara silon dengan surat dukungan. Sedangkan untuk verifikasi administrasi kita lakukan pada tanggal 27 Februari sampai 24 Maret 2020,” kata Lindo.

Pihaknya juga menuturkan bahwa saat ini bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung yang mendaftarkan diri melalui jalur independen baru satu pasang yakni Endre Syaifoel-Nasrul. 

Dalam acara penyerahan berkas syarat dukungan tersebut disaksikan langsung oleh Ketua Bawaslu Sijunjung Agus Hutrial Tatul beserta staf, staf sekretariat KPU Sijunjung, aparat kepolisian dan Timses Bernas. (*)

Reporter : Ogi /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 07 November 2019 - 22:03:20 WIB
    Lima Cakada sudah Daftar ke PAN Pasaman

    Anggota Dewan Ini Diantarkan Wartawan Mendaftar Jadi Cakada Pasaman

    Anggota Dewan Ini Diantarkan Wartawan Mendaftar Jadi Cakada Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak lima bakal calon kepala daerah mendaftar ke Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Pasaman, di hari keempat dibukanya pendaftaran di partai matahari terbit itu, Kamis (7/11)..
  • Rabu, 27 Juni 2018 - 10:49:40 WIB

    Ikut Milih, Mahyeldi Diantar 20 Orang Pendukung ke TPS Parupuk Tabing

    Ikut Milih, Mahyeldi Diantar 20 Orang Pendukung ke TPS Parupuk Tabing PADANG, HARIANHALUAN.COM - Calon Wali Kota Padang Mahyeldi, ikut mencoblos di TPS 7 Parupuak Tabiang, Kecamatan Koto Tangah, Padang, ditemani sang istri, Harneli Bahar bersama lima orang anaknya. Rabu (27/6)..
  • Kamis, 11 Januari 2018 - 00:33:51 WIB
    Tiga Pasangan Paslon Mendaftar KPU Pariaman

    Mahyuddin-Ridwan Diantar Anggota DPR

    Mahyuddin-Ridwan Diantar Anggota DPR PARIAMAN, HALUAN – Dua pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota Pariaman mendaftar ke kantor KPU Pariaman pada hari terakhir pendaftaran calon, Rabu (10/11). Total, sudah ada tiga calon yang siap berebut kursi or.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM