Wah..! Lisda Hendrajoni Merasa 'Tak Cukup' dengan Rp273 Miliar, Ada Apa?


Rabu, 19 Februari 2020 - 21:42:36 WIB
Wah..! Lisda Hendrajoni Merasa 'Tak Cukup' dengan Rp273 Miliar, Ada Apa? Lisda Hendrajoni

JAKARTA - HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi VIII DPR RI Lisda Hendrajoni menyebutkan, anggaran Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak senilai Rp273 miliar tidaklah memadai jika dibandingkan dengan kondisi lapangan saat ini.

"Jika dipraktikkan dalam tugas lapangan, maka sangat kecil sekali harapan kita untuk menjangkau seluruh perempuan dan anak di Indonesia. Kami berharap mesti ada peningkatan dan penambahan pada APBN anggaran 2020," ucap Lisda pada Haluan melalui sambungan telepon usai rapat dengar pendapat bersama Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, di gedung Nusantara II Senayan, Rabu (19/2).

Menurut Srikandi NasDem itu, hingga kini kasus kekerasan pada perempuan dan anak masih acap kali terdengar di telinga. Sehingga kata dia, sangat perlu banyak kegiatan sosialisai kepada masyarakat, dengan harapan agar kasus kekerasan pada perempuan dan anak dapat diminimalisir.

"Tentunya hal ini tak terlepas dari peran semua pihak. Upaya pencegahan bisa dilakukan dalam bentuk sosialisai dan kampanye pada seluruh masyarakat dan orangtua secara merata di seluruh Indonesia. Baik itu secara aktif maupun masiv," tuturnya.

Ia mengambil contoh angka kekerasan yang terjadi di Sumbar pada 2019, berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sedikitnya terdapat 816 kasus terjadi terhadap perempuan dan anak.

"Angka ini terbilang cukup tinggi. Dan itu hanya data korban yang melapor, masih banyak kasus kekerasan lainnya yang sengaja ditutupi dan tidak dilaporkan. Artinya sosialisai pada masyarakat mesti dilaksanakan secara merata di seluruh Indonesia," kata Lisda yang juga merupakan Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Pesisir Selatan.

Ia mengatakan, sangat perlu adanya peningkatan koordinasi ataupun kerja sama dengan pihak kementerian, lembaga, dan pejabat terkait lainnya dalam mengurai kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Apalagi, kata dia, isu kekerasan dan perdagangan anak, belakangan ini menjadi sebuah ancaman di tengah-tengah masyarakat.

"Tentunya kami berharap ada upaya penangan serius terhadap kasus human traficking ini. Selain itu, sangat perlu adanya peningkatan koordinasi dan kerjasama dengan seluruh pihak terkait, termasuk polisi sebagai penegak hukum," ucapnya.

Bahkan secara tegas istri Bupati Pesisir Selatan itu, mendesak pengesahan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) disegerakan.

"Kami dari Fraksi NasDem terus mendorong untuk pembahasan dan pengesahan Rancangan undang-undang PKS," ujarnya. (*)

Reporter : Okis Mardiansyah /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 23:51:52 WIB

    Wah..! Sekjen PSI Serukan Jegal Anies Baswedan Jadi Capres 2024

    Wah..! Sekjen PSI Serukan Jegal Anies Baswedan Jadi Capres 2024 JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni mengajak partai politik hingga masyarakat untuk menjegal Anies Baswedan maju dalam Pilpres 2024..
  • Ahad, 09 Februari 2020 - 19:16:12 WIB

    Wah..! Sosok Ini Berani 'Tegur' Putra Jokowi yang Bakal Maju Pilkada

    Wah..! Sosok Ini Berani 'Tegur' Putra Jokowi yang Bakal Maju Pilkada SOLO, HARIANHALUAN.COM - Gibran Rakabuming Raka menemui Ketua DPC PDIP yang juga Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di rumah dinas Loji Gandrung. Gibran berpamitan terkait agenda uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).
  • Ahad, 09 Februari 2020 - 18:25:35 WIB

    Wah..! Sandiaga Angkat Bicara soal Perkara Andre Rosiade

    Wah..! Sandiaga Angkat Bicara soal Perkara Andre Rosiade JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno angkat bicara terkait Andre Rosiade yang menghadapi polemik penjebakan PSK online. Sandiaga menilai penggerebekan PSK itu bukan tugas anggota .
  • Rabu, 22 Januari 2020 - 09:19:20 WIB

    Wah..! Pedagang Kopi jadi Calon Wakil Anies di DKI

    Wah..! Pedagang Kopi jadi Calon Wakil Anies di DKI JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Nama Nurmansyah Lubis mulai dikenal publik setelah Wakil Ketua Umum Gerindra Ahmad Sufmi Dasco menyebut dia terpilih sebagai Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dari PKS. Dia bakal bersaing dengan Ahm.
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 15:14:07 WIB

    Wah..! Polisi Keluar Masuk Kantor DPP PDIP, Ada Apa?

    Wah..! Polisi Keluar Masuk Kantor DPP PDIP, Ada Apa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah jajaran Polsek Menteng terlihat masuk dan keluar di Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (9/1)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM