Menjadi PNS di Indonesia Lebih Enak Dibanding di Luar Negeri, Ini Alasannya


Rabu, 19 Februari 2020 - 23:14:42 WIB
Menjadi PNS di Indonesia Lebih Enak Dibanding di Luar Negeri, Ini Alasannya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah mimpi banyak orang Indonesia. Tiap kali dibuka pendaftaran CPNS, tak perlu menunggu lama, orang-orang akan berbondong-bondong mendaftarkan diri.

Gaji besar dan tunjangan hari tua menjadi pesona tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang bercita-cita menjadi abdi negara.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini lowongan CPNS kembali menyedot banyak pelamar. Menurut akun sosial resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), jumlah pendaftar CPNS pada tahun 2019 mencapai lima juta orang.

Jumlah ini meningkat bila dibandingkan perhelatan CPNS pada tahun 2018 lalu yang mencatatkan sekitar empat juta pelamar.

PNS memang acapkali menjadi profesi yang dianggap paling ideal di tengah masyarakat Indonesia. Bahkan, menjadi PNS kerapkali dijadikan syarat bagi sebagian orang tua kepada calon menantu agar bisa meminang anaknya.

Profesi PNS memang menggiurkan di Indonesia, tapi bagaimana dengan negara lain? Berikut perbedaannya.

1. Banyak Cuti

Pegawai Negeri Sipil Indonesia miliki jatah libur yang sangat banyak dibandingkan dengan China. Untuk libur nasional, Indonesia memiliki 12 tanggal merah.

Untuk PNS sendiri bahkan masih bisa mendapatkan cuti pribadi sebanyak 13 hari.

Ini lebih banyak dibandingkan PNS di China yang hanya memiliki 5 hari cuti saja.

2. Pendapatan

Dari segi pendapatan, PNS di Indonesia diklaim bisa lebih sejahtera jika dibandingkan negara lain. Karena meskipun pendapatan PNS di luar negeri tinggi, biaya hidupnya juga mencekik.

3.  Tugas

PNS di Indonesia memiliki tugas sesuai dengan bidang yang menjadi tanggung jawabnya saja.

Hal ini tidak berlaku di Inggris. Di negeri ratu Elizabeth ini, seorang PNS tak hanya memiliki tanggung jawab pada bidangnya saja, melainkan juga wajib berpartisipasi dalam pelayanan yang bersentuhan dengan masyarakat, seperti membantu orang tua menyeberang jalan atau ikut aktif dalam aksi sosial.(*)

 Sumber : suara.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM