BNNK Sawahlunto Minta Dukungan OPD untuk Permasalahan Narkoba


Kamis, 20 Februari 2020 - 14:49:04 WIB
BNNK Sawahlunto Minta Dukungan OPD untuk Permasalahan Narkoba BNNK Sawahlunto gelar Raker Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di Lingkungan Pemerintah, Kamis, 20 Februari 2020. (Riki Yuherman)

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Kepala BNN Kota Sawahlunto, AKBP Erlis meminta dukungan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di kota tersebut untuk mendukung dan sejalan dalam menyikapi permasalahan Narkotika dewasa ini. 

Hal itu diungkapkannya saat menggelar Rapat Kerja pemberdayaan masyarakat anti Narkoba dilingkungan pemerintah, Kamis (20/2) di meeting Room Parai Hotel. Raker yang iikuti oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kota Sawahlunto, diharapkan untuk bersama -sama melakukan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

"Permasalahan narkoba yang saat ini telah menjadi momok, bahkan sudah menjadi musuh negara harus secara bersama untuk diperangi. Hal itu tidak bisa dibebankan kepada BNN saja, tapi seluruh elemen dan masyarakat. Dengan Raker ini, kami berharap dukungan Pemko melalui OPD yang ada bergandeng tangan untuk masalah narkoba ini," ujarnya.

Di BNN Kota Sawahlunto sendiri, sebut Erlis, upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika secara intens dilakukan. Mulai dari upaya sosialisasi pemberdayaan masyarakat, sekolah, lingkungan swasta dan lainnya, termasuk melakukan rehabilitasi kepada pengguna narkoba dan sebagai upaya akhir atau upaya paksa, baru dilakukan upaya pemberantasan melalui penangkapan peredaran narkoba.

"Sebagai bentuk pencegahan, BNNK Sawahlunto juga rutin melakukan tes urin kepada instansi pemerintahan, pendidikan dan swasta. Untuk tes urin sendiri hampir diseluruh lembaga pemerintahan sudah dilakukan seperti, DPRD, Dinas dinas Pemko, Rutan dan Lapas, sekolah sekolah, pekerja seni, wartawan dan lainnya," tuturnya.

Hadir sebagai pemateri Kepala Badan Kesbang Pol PBD Sawahlunto, Adriyusman menyampaikan, sebagai salah satu pemateri mengungkapkan sebagai bentuk dukungan P4GN dikota ini telah ada Peraturan Daerah (Perda) tentang P4GN sekaligus menjadi penguat dan kekuatan bersama dalam memberantas pemakaian dan peredaran Narkotika di kota ini.

"Sesuai dengan Inpres nomor 6 tahun 2018 dan Permendagri nomor 12 tahun 2019 tentang pelaksanaan P4GN di Lingkungan Pemerintah, belum semuanya terakomodasi dan terlaksana. Kita sudah ada Perda tentang P4GN, namun satuan tugas (satgas) dan relawan anti narkoba belum ada di lingkungan Pemko," ujarnya.

Selain itu, sebut Adriyusman, pemerintah daerah juga harus menyusun Rencana aksi daerah (RAD) P4GN. Dia berharap dalam waktu dekat bersama BNNK Sawahlunto bisa disusun termasuk pembentukan satgas dan relawan anti narkoba. Lebih jauh diungkapkan Adriyusman, secara keseluruhan Pemko Sawahlunto sangat mendukung setiap upaya P4GN salah satunya dengan adanya Perda terkait hal itu. 

Selanjutnya akan mulai dikoordinasikan semua hal yang telah diamanatkan Inpres nomor 6 tahun 2018 dan Permendagri nomor 12 tahun 2019 tentang pelaksanaan P4GN dilingkungan Pemerintah secara bertahap akan dilakukan. Intinya sebut Adriyusman, peredaran maupun permasalahan narkoba di kota ini dapat diberangus. (*)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 10 April 2018 - 19:26:25 WIB

    Pessel Bakal Bangun Gedung BNNK

    Pessel Bakal Bangun Gedung BNNK PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) memastikan pada tahun 2018 ini membangun gedung Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK)..
  • Jumat, 02 Maret 2018 - 11:34:33 WIB

    BNNK Sawahlunto Rangkul BPD dan LPM

    BNNK Sawahlunto Rangkul BPD dan LPM SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Selain merusak sendi kehidupan, pengedar dan pengguna narkoba dapat dijerat Undang-undang No 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan pidana minimal 4 tahun penjara. Bahkan pengedar bisa diganjar .
  • Selasa, 12 April 2016 - 02:54:45 WIB

    BNNK Sawahlunto Terus Tekan Narkoba

    BNNK Sawahlunto Terus Tekan Narkoba SAWAHLUNTO, HALUAN — Upaya preventif untuk meminimalisir penyalahgunaan narkotika di tengah masyarakat, terus dilakukan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Sawahlunto, melalui sosialisasi dalam berbagai bentuk..
  • Selasa, 15 Maret 2016 - 03:00:37 WIB

    BNNK Sawahlunto Gelar Raker P4GN

    BNNK Sawahlunto Gelar Raker P4GN SAWAHLUNTO, HALUAN — Badan Narkotika Na­sional (BNN) Kota Sa­wah­lunto menggelar rapat kerja, dalam menekan Pen­ce­ga­han Pemberantasan Penya­lahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN), de­ngan melibatkan sekolah .
  • Selasa, 12 Januari 2016 - 02:18:27 WIB

    BNNK Sawahlunto, Tidak Ada Celah Untuk Peredaran Narkoba

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Ba­dan Narkotika Nasio­nal Kota (BN­NK) Sawah­lunto, berko­mit­men untuk memerangi serta men­cegah dan menanggulangi pe­re­daran Narkotika dan Obat obat terlarang lainnya, ter­utama di­kalang.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]