Pemkab Pessel Gelar Operasi Pasar Bawang Putih


Kamis, 20 Februari 2020 - 18:41:38 WIB
Pemkab Pessel Gelar Operasi Pasar  Bawang Putih Kepala Dinas Pangan Pesisir Selatan, Alfis Basyir saat menggelar operasi pasar bawang putih bersama sejumlah pejabat terkait. foto HUMAS

PAINAN, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, menggelar operasi pasar bawang putih guna menyikapi melonjaknya harga kebutuhan dapur tersebut semenjak dua pekan terakhir di daerah setempat.

"Jumlah bawang putih pada operasi pasar mencapai dua ton, per kilogramnya dijual dengan harga Rp35 ribu. Sedangkan di pasaran harga bawang putih berada pada kisaran Rp55 ribu sampai Rp60 ribu per kilogram," ucap Kepala Dinas Pangan, Alfis Basyir pada wartawan di Painan, Kamis (20/2).

Baca Juga : Langgar Aturan Larangan Mudik, Bupati Sutan Riska Siapkan Sanksi Tegas untuk ASN

Ia menyebutkan, operasi pasar digelar sejak Senin (17/2) hingga Minggu (23/2) di sejumlah pasar kecamatan pada daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.

"Besok Jumat (21/2), rencananya bakal digelar di Pasar Balai Selasa, Kecamatan Ranah Pesisir, Sabtu (22/2) di Pasar Kambang, Kecamatan Lengayang dan Minggu di Pasar Sago, Kecamatan IV Jurai," tuturnya.

Baca Juga : Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Dana Nagari Masih Diprioritaskan untuk Penanganan Covid-19

Menurutnya, operasi pasar tersebut merupakan instruksi langsung dari Bupati Hendrajoni guna mengantisipasi harga bawang putih yang kian meroket, dan dikhwatirkan bakal berdampak buruk pada harga kebutuhan sembako masyarakat di Pesisir Selatan.

"Usai mendapat instruksi dari pimpinan, kami langsung menghubungi pejabat provinsi untuk memulai operasi pasar, ternyata mendapat respon positif dari masyarakat," katanya lagi.

Usai gelaran operasi pasar tuntas, pihaknya berjanji bakal terus mengamati pergerakan harga di pasaran, jika harga bawang putih kembali meroket tidak menutup kemungkinan operasi pasar bakal digelar kembali.

"Ya, pengamatan bakal terus kami laksanakan, sembari terus berkoordinasi dengan pejabat terkait lainnya," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindrustrian Kabupaten Pesisir Selatan, Hendro Kurniawan menyebutkan, harga normal bawang putih di daerah setempat berkisar pada angka Rp32 ribu per kilogram.

"Namun, berdasarkan pengamatan kami dilapangan kenaikan harga bawang putih saat ini belum berdampak pada harga kebutuhan lain seperti beras, cabai, minyak goreng, daging, bawang merah dan lain sebagainya," tuturnya. (*)

Reporter : Okis | Editor : Dodi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]