Duh..! KPK Hentikan Penyelidikan 36 Kasus Korupsi


Kamis, 20 Februari 2020 - 23:29:19 WIB
Duh..! KPK Hentikan Penyelidikan 36 Kasus Korupsi Dokumentasi Gedung Merah Putih KPK (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)   menghentikan 36 penyelidikan kasus dugaan korupsi. Pertimbangannya antara lain lamanya waktu penyelidikan hingga tidak cukupnya bukti permulaan.

"Penghentian tersebut tentu dilakukan dengan sangat hati-hati dan bertanggung jawab," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (20/2/2020).

Baca Juga : Heboh soal Bipang, Fadli Zon Teringat Ucapan Orang Dekat Soeharto

Ali menyebut sejumlah kasus yang dihentikan itu bahkan proses penyelidikannya sudah dimulai sejak 2011. Menurut Ali, lamanya waktu penyelidikan itu juga jadi pertimbangan KPK untuk menghentikan kasus-kasus tersebut.

"Sejumlah penyelidikan sudah dilakukan sejak 2011 (9 tahun), 2013, 2015, dan lain-lain," ujarnya.

Baca Juga : Pengamat: Rizal Ramli, Gatot Nurmantyo dan LaNyalla Belum Bisa Satukan Kelompok Oposisi 

Ali mengatakan pertimbangan selanjutnya ialah KPK tidak menemukan bukti permulaan yang cukup agar memenuhi unsur perbuatan tindak pidana korupsi dalam proses penyelidikan sehingga kasus itu tidak memenuhi syarat untuk dinaikkan dalam proses penyidikan.

"Selama proses penyelidikan dilakukan tidak terpenuhi syarat untuk ditingkatkan ke penyidikan, seperti bukti permulaan yang cukup, bukan tindak pidana korupsi dan alasan lain yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum," ujarnya. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]