Dampak Virus Corona, Maskapai Asia Pasifik 'Buntung' Rp381 T


Jumat, 21 Februari 2020 - 11:41:00 WIB
Dampak Virus Corona, Maskapai Asia Pasifik 'Buntung' Rp381 T Penyebaran Virus Corona diramal menekan pendapatan maskapai Asia Pasifik sampai Rp381 triliun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal).

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memperkirakan perusahaan penerbangan yang beroperasi di daerah Asia Pasifik akan kehilangan pendapatan sampai dengan US$27,8 miliar atau setara Rp380,86 triliun (asumsi kurs Rp13.700 per dolar AS) akibat penyebaran wabah Virus Corona yang terjadi belakangan ini.

Kehilangan pendapatan paling besar akan dialami oleh maskapai penerbangan China. Menurut mereka, maskapai Negeri Tirai Bambu akan kehilangan pendapatan sampai dengan US$12,8 miliar. 

Selain berdampak pada maskapai di Asia Pasifik, IATA juga menyatakan penyebaran virus juga akan berdampak pada pendapatan maskapai di luar kawasan tersebut.

Menurut proyeksi mereka, Virus Corona bisa menurunkan pendapatan maskapai di luar kawasan Asia Pasifik sampai dengan US$1,5 miliar. 

Kesemua proyeksi tersebut dibuat IATA berdasarkan perkiraan penurunan penumpang pesawat sebesar 13 persen pada sepanjang tahun ini akibat penyebaran  virus tersebut.

"Ini akan menjadi tahun yang sangat sulit bagi maskapai penerbangan," kata CEO IATA Alexandre de Juniac  seperti dikutip dari AFP, Jumat (21/2/2020).

Atas masalah tersebut, ia mengatakan tidak ada pilihan lain;  menghentikan penyebaran virus adalah prioritas utama yang harus dilakukan.

Virus Corona tengah menyebar ke beberapa kawasan penjuru dunia. Virus tersebut sampai dengan saat ini sudah membunuh 2.244 orang. 

Selain itu, virus juga sudah menginfeksi sekitar 75 ribu orang. Sebelum virus mewabah, IATA memperkirakan kinerja maskapai di kawasan Asia Pasifik akan tumbuh 4,8 persen pada tahun ini. Tapi setelah virus menyebar, kinerja maskapai mengalami kontraksi 8,2 persen. (*)

 Sumber : CNN /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 00:23:34 WIB

    Bukan Tunda Cicilan, Ini Keringanan Kredit Terdampak Corona

    Bukan Tunda Cicilan, Ini Keringanan Kredit Terdampak Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada para nasabah untuk tidak berbondong-bondong datang ke bank atau multifinance, terkait stimulus restrukturisasi kredit akibat dampak virus corona..
  • Sabtu, 28 Maret 2020 - 14:15:39 WIB

    Masih Mau Minta Lockdown Jakarta? Dampaknya Bikin Merinding Lho!

    Masih Mau Minta Lockdown Jakarta? Dampaknya Bikin Merinding Lho! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Keuangan mengaku telah menyiapkan anggaran bila lockdown menjadi opsi dalam memutus penyebaran wabah virus corona di Indonesia. Kendati begitu, Kemenkeu menyatakan sangat kecil kemungki.
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 16:58:33 WIB

    Jakarta Paling Parah Terdampak Corona, Sehari 5 Orang Meninggal

    Jakarta Paling Parah Terdampak Corona, Sehari 5 Orang Meninggal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Provinsi DKI Jakarta masih menjadi wilayah paling parah terdampak serangan Virus Corona atau COVID-19 di negara Indonesia..
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 13:11:31 WIB

    Ini Daftar Provinsi di Indonesia yang Terdampak Korona

    Ini Daftar Provinsi di Indonesia yang Terdampak Korona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Angka kasus virus corona di Indonesia terus mengalami peningkatan dari hari ke hari. Per Kamis (26/3/2020), Indonesia telah mengonfirmasi 893 kasus dengan 78 kematian dan 35 pasien sembuh..
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 07:10:35 WIB

    Imbas Korona, Tiap KK Terdampak Diberi Bantuan Rp500 Ribu

    Imbas Korona, Tiap KK Terdampak Diberi Bantuan Rp500 Ribu BANDUNG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan memberikan bantuan tunai kepada para keluarga yang terdampak penyebaran virus corona (Covid-19). Bantuan yang diberikan sebesar Rp500 ribu .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM