Terungkap! Ini Ternyata Penyebab Kemacetan SPBU di Padang


Jumat, 21 Februari 2020 - 13:25:07 WIB
Terungkap! Ini Ternyata Penyebab Kemacetan SPBU di Padang Kendaraan yang diamankan oleh Dinas Perdagangan Kota Padang karena dimodifikasi untuk menambah kapasitas BBM. (Agoes Embun)

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Masyarakat Kota Padang hampir menemui kemacetan di SPBU setiap hari. Kondisi ini terjadi lantaran pasokan BBM yang ada selalu habis. Ternyata, habisnya pasokan BBM tersebut dipicu oleh aksi curang oleh para penjual BBM yang sengaja memodifikasi kendaraan mereka untuk menampung BBM lebih dari kapasitas yang ada.

Hal ini terungkap setelah Dinas Perdagangan Kota Padang berhasil mengamankan 15 kendaraan yang sengaja dimodifikasi untuk merekayasa muatan BBM. Dari 15 kendaraan yang diamankan, 10 diantaranya menggunakan sepeda motor dan lima lagi menggunakan mobil. 

"Modusnya, para pembeli BBM ini sengaja menambah kapasitas tangki di sepeda motor mereka. Dari semulanya yang hanya bisa Rp50 ribu full menjadi Rp100 ribu untuk sekali isi. Nantinya, BBM di dalam tangki tersebut akan disalin ke botol-botol dan dijual seharga Rp10 ribu sampai Rp12 ribu per botolnya," jelas Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal, Jumat (21/2). 

Selain sepeda motor, kata Endrizal, juga didapati mobil yang dimodifikasi untuk menampung BBM. Salah satunya, satu unit Grand Max yang lantainya sengaja dibuatkan tangki persegi dari besi untuk diisi BBM. Tangki ini bisa menampung BBM seharga Rp300 ribu. "Sama juga, nantinya BBM yang berasal dari tangki modifikasi itu akan dijual kembali kepada pengecer-pengecer di pinggir jalan," katanya. 

Disebut Endrizal, penangkapan terhadap 15 kendaraan ini adalah hasil dari operasi Dinas Perdagangan yang menggandeng TNI dan polisi serta OPD terkait dalam dua minggu belakangan ini. Operasi tersebut digelar di empat titik yakni, SPBU By Pass (depan Baiturahmah), SPBU Gunung Pangilun, SPBU Coco Ganting, SPBU Tabing.

"Setidaknya, operasi kali ini bisa mengatasi kemacetan yang kerap terjadi pada setiap SPBU di Padang. Kita akan berencana untuk melakukan operasi rutin dan memberi sanksi tegas," tutupnya. (*) 

 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]