Peduli Lingkungan, Polda Sumbar Tanam Bakau di Pantai Tiram


Jumat, 21 Februari 2020 - 14:54:14 WIB
Peduli Lingkungan, Polda Sumbar Tanam Bakau di Pantai Tiram Kapolda Sumbar foto bersama di sela-sela penanaman bakau di Pantai Tiram.

PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Peduli terhadap lingkungan, Polri melaksanakan kegiatan Penanam Pohon Mangrove (bakau) serentak di seluruh wilayah Indonesia. Untuk di Sumbar, kegiatan dipusatkan di Pantai Tiram Korong Tiram Nagari Tapakis Kecamatan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman.

"Kita secara serentak melakukan penanaman pohon mangrove secara serentak di seluruh Indonesia," kata Kapolda Sumbar Irjen Pol. Toni Harmanto, usai penanaman pohon secara simbolis di Pantai Tiram, Jumat (21/2).

Baca Juga : Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Painan, Also: Inilah Pemersatu Bangsa Kita

Ia mengatakan untuk di Sumbar, pihaknya melakukan penanaman mangrove sekitar 10 ribu batang, yang ditanam di beberapa lokasi di Wilayah Hukum Polda Sumbar. Kegiatan ini salah satu bentuk penghijauan yang dilakukan oleh jajaran Polri di seluruh Indonesia.

"Selain untuk penghijauan, pohon magrove ini juga memberikan banyak manfaat, yaitu untuk antisipasi dampak abrasi terhadap daerah dipinggir pantai," katanya.

Baca Juga : Sektor Pertanian jadi Pergerak Ekonomi Sumbar

Selain itu lanjut, Irjen Pol. Toni Harmanto mangrove ini juga sangat bermanfaat untuk tempat hidup udang, ikan dan kepiting. Tentu ini akan sangat untuk ekosistem yang mungkin selama ini mulai berkurang.

"Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah memelihari kelestarian lingkungan hidup kita, serta memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan kita, agar tetap lestari," ujarnya.

Baca Juga : 40% Penghafal Alquran PontrenMu Kauman Padang Panjang Tertampung di Perguruan Tinggi

Ia menyampaikan, kedepan jajaran Polri akan bekerjasama dengan masyarakat untuk menjaga bakau yang telah ditanam ini, agar bakau ini bisa hidup dan berkembang diwilayah tersebut.

"Kegiatan ini akan kami lakukan secara berkala, untuk melestarikan lingkuangan," ujarnya.

Baca Juga : Gubernur Janji Beri Tunjangan ke 4 Orang Penghafal Alquran 30 Juz PontrenMu Kauman Padang Panjang

Dalam kegiatan, Kapolda Sumbar juga memberikan edukasi kepada puluhan siswa SDN 15 Ulakan Tapakis. Pantuan dilapangan Kapolda Sumbar beserta rombongan sarapan pagi beserta personil Polda Sumbar dan personil Polres Padang Pariaman juga tamu undangan.

Setelah itu, langsung melaksanakan apel untuk memberikan kata sambutan kepada personil dan mengingatkan agar menjaga kelestarian lingkungan, dilanjutkan memberikan edukasi tentang kepedulian terhadap lingkungan kepada pelajar SDN 15 Ulakan Tapakis.

Kapolda Sumbar didampingi ketua Bhayangkari Polda Sumbar dan diikuti oleh PJU Polda Sumbar menuju lokasi penanaman pohon Mangrove (bakau) di teluk belakang bibir pantai Tiram.

Penanaman sebanyak lebih kurang 10.000 batang pohon pada area seluas lebih kurang 20.000 meter dilakukan oleh Kapolda Sumbar secara simbolis dan langsung diikuti oleh Ketua Bhayangkari Polda Sumbar beserta PJU Polda Sumbar. (h/hen)

Reporter : Yuhendra | Editor : Heldi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]