Cegah Abrasi Pantai, Polres Pessel Tanam 3.000 Pohon Mangrove


Jumat, 21 Februari 2020 - 16:09:37 WIB
Cegah Abrasi Pantai, Polres Pessel Tanam 3.000 Pohon Mangrove Kapolres Pessel, AKBP Capi Noval tengah melakukan penanaman phon pelindung mangrove (bakau) di Nagari Amping Parak Kecamatan Sutera Pessel. M Joni

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kapolres Pessel, AKBP Cepi Noval S.IK  bersama Forkompinda Pessel melakukan penghijauan secara simbolis sebanyak 3.000 batang pohon mangrove (bakau) di Amping Parak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (21/2).

Turut hadir dalam aksi ini, Forkompinda serta Kepala KPHP Pesisir Selatan, Mardianto dan Ketua Bhayangkari Polres Pessel.

Ketua KPHP Pessel Mardianto mengapresiasi pelaksanaan penanaman pohon mangrove  yang dilaksanakan oleh Kapolres beserta jajaran Polres Pessel. “Dengan penanaman pohon mangrove tersebut, berarti ikut bertanggung jawab menjaga ekosistem lingkungan,” sebutnya.

Daerah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan daerah  yang memiliki garis pantai terpanjang di Sumbar, bila tidak dilakukan perbaikan bibir pantai dengan penanaman pohon Mangrove (bakau), dikhuwatirkan kerusakan pantai akan semakin parah  serta  memberikan dampak negarif terhadap lingkungan.

Menurutnya, melalui penanaman pohon pelindung ini  dapat membantu ekosistem lingkungan seperti, kepiting, udang, kemudian membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Pessel AKBP. Cepi Noval.S, IK usai melakukan penanaman pohon mangrove tersebut  mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk  kepedulian bersama  dalam melakukan penghijauan pada daerah  bibir pantai dan juga untuk menjaga ekosistem biota laut di lokasi penangkaran penyu di Amping Parak Kecamatan Sutera Pessel 

“Penanaman pohon Mangrove ini sebagai bentuk kepedulian Polri tentang penghijuan yang merupakan program Kapolri melalui Kapolda Sumbar untuk menggerakan penanaman  pohon ini  diseluruh wilayah indonesia ,” sebutnya.

AKBP Cepi Noval mengimbau semua elemen masyarakat untuk  dapat memelihara dan menjaga agar  pohon pelindung dari kerusakan.

Penanaman magrove diikuti oleh Wakapolres Pessel, Kompol Taufik Isra, Kasat, Kapolsek, Camat, Wali Nagari serta para pelajar yang ada di Kecamatan. (*)

loading...
Reporter : M Joni /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]