Hingga Minggu ke-2 Februari, Realisasi PAD Bapenda Padang Tembus Rp50 Miliar


Jumat, 21 Februari 2020 - 20:53:32 WIB
Hingga Minggu ke-2 Februari, Realisasi PAD Bapenda Padang Tembus Rp50 Miliar Kepala Bapenda Kota Padang Al Amin. Foto/Milna

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang menetapkan target pajak daerah pada tahun 2020 Rp641 miliar. Pajak ini terdiri dari 11 item, yakni pajak restoran, hotel, hiburan, reklame, parkir, air tanah, burung walet, mineral bukan logam, BPHTB, bumi dan bangunan, serta pajak penerangan jalan.

"Kita untuk triwulan pertama ini akan mengusahakan 15 persen atau Rp96 miliar yang bisa kita capai. Alhamdulillah sekarang sudah terkumpul sebanyak Rp50 miliar," kata Kepala Bapenda Kota Padang Al Amin saat ditemui Harianhaluan.com di ruang kerjanya, Jumat (21/2/2020).

Sementara hingga minggu ke-2 Februari 2020, Bapenda Kota Padang telah berhasil mengumpulkan 50 miliar atau 8,75 persen dari target. Dengan begitu pihaknya optimis pada triwulan pertama 2020, Bapenda Kota Padang dapat memenuhi target 15 persen dimaksud.

Dari Rp50 miliar tersebut, mantan Kepala Satpol PP Kota Padang menyebut, paling banyak disumbang dari pajak penerangan jalan, pajak hotel, dan pajak restoran. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, dia menuturkan, target pajak daerah mengalami kenaikan Rp73 miliar.

"Kalau kita bandingkan tahun lalu mengalami kenaikan. Kalau dulu target kita Rp500 miliar lebih, kenaikannya sebesar Rp73 miliar," ujar Al Amin.

Al Amin memaparkan, bahwa sumber pajak ini berasal dari ekstensifikasi pajak dan intensifikasi pajak daerah. Ekstensifikasi ini merupakan wajib pajak baru, sedangkan intensifikasi adalah wajib pajak yang telah ada by name by addres (yang sudah terdaftar sebagai wajib pajak daerah).

"Jadi kewenangan Bapenda ini adalah 11 item pajak tadi," kata mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang itu.

Disinggung terkait Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Al Amin membeberkan, pada tahun 2020 ini terjadi kenaikan. Jika dibandingkan tahun 2019, PBB hanya mencapai Rp80 miliar, sementara tahun ini mencapai Rp100 miliar.

"Kalau kendala kita sejauh ini terkait kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakan masih rendah," tukasnya. (*)

loading...
 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]