Akibat Wabah Corona, Maskapai Penerbangan Rugi Besar Tahun Ini


Sabtu, 22 Februari 2020 - 07:25:31 WIB
Akibat Wabah Corona, Maskapai Penerbangan Rugi Besar Tahun Ini Ilustrasi penerbangan.

WASHINGTON,HARIANHALUAN.COM-Perusahaan maskapai penerbangan dunia diperkirakan kehilangan pendapatan sebesar 29,3 miliar dolar AS pada tahun ini.

Hal tersebut tidak lain disebabkan oleh penyebaran virus corona baru atau Covid-19 yang membuat sejumlah penerbangan di berbagai negara ditangguhkan.

Baca Juga : Bank Nagari Serahkan Hadiah untuk Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik

Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memperkirakan permintaan perjalanan udara akan turun untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade. Maskapai penerbangan di China dan beberapa negara lain di Asia Pasifik diperkirakan akan terkena sebagian besar dampaknya.
 
Kondisi ini terjadi karena maskapai di seluruh dunia telah dipaksa untuk mengurangi penerbangan. "Secara total maskapai penerbangan di kawasan Asia Pasifik akan mengalami kerugian sebesar 27,8 miliar dolar AS pada tahun 2020, sementara maskapai di luar Asia diperkirakan akan kehilangan pendapatan sebesar 1,5 miliar dolar AS," ujar pernyataan IATA dikutip BBC, Sabtu (22/2).
 
Dari angka tersebut, IATA memprediksi bahwa operator penerbangan di China saja akan kehilangan pendapatan 12,8 miliar dolar AS dari pasar dalam negeri. "Maskapai membuat keputusan sulit untuk memangkas kapasitas dan rute," kata Direktur Jenderal IATA Alexandre de Juniac.

"Ini akan menjadi tahun yang sangat sulit bagi maskapai penerbangan," ujarnya menambahkan. (*)

Baca Juga : Lagi, Tiongkok akan Investasi 1,38 Miliar Dolar AS di Indonesia

Editor : Dodi | Sumber : Republika
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]