Performa HP Melambat? Ini Cara Cepat yang Perlu Dilakukan


Sabtu, 22 Februari 2020 - 07:40:35 WIB
Performa HP Melambat? Ini Cara Cepat yang Perlu Dilakukan Performa HP Melambat? Lakukan 6 Cara Tingkatkan Performa HP Ini!. (FOTO: Priceprice)

TEKNO,HARIANHALUAN.COM- Sejumlah faktor dapat menurunkan kemampuan atau performa ponsel pintar setelah digunakan dalam waktu yang lama. 

Mulai dari kualitas baterai yang menurun sehingga daya cepat habis, terlalu banyak aplikasi di dalam ponsel yang membuat kapasitas memori tak cukup.

Baca Juga : Menunggu Berbuka, 12 Game Offline Ini Layak Dicoba 

Nah,  dilansir  TechRadar,  jika ponsel Anda mengalami penurunan performa karena faktor-faktor tersebut, ada sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkan performa perangkat pintar Anda. 

Berikut  langkah yang dilakukan:

Baca Juga : Masih Bingung Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Diketahui? Simak Yuk

1. Pastikan Sistem Operasi Sudah Diperbarui

Ponsel Android ataupun iOS akan mendapatkan pembaruan secara berkala dari pihak pengembang. Jika ada notifikasi pembaruan, jangan diabaikan, segera lakukan pembaruan.

Baca Juga : Ini Cara Sembunyikan Status WhatsApp agar Tidak Bisa Dilihat Orang yang Tidak Diinginkan

Mengapa? Karena biasanya pembaruan bertujuan memperbaiki masalah atau bug yang menyebabkan performa ponsel menurun.

Pembaruan bisa dilakukan melalui Pengaturan, lalu klik Pembaruan Perangkat.

Baca Juga : GoPlay Fokus Kembangkan Live Stream Platform Tahun Ini

2. Perbarui Aplikasi

Sama seperti sistem operasi ponsel, aplikasi juga selalu menyertakan pembaruan untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur teranyar. Untuk itu, Anda perlu melakukan pembaruan secara berkala, sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pengembang.

3. Bersihkan Cache

Cache di aplikasi dapat memperlambat kinerja ponsel dan aplikasi itu sendiri. Untuk itu, perlu dilakukan pembersihan cache secara rutin.

Sejumlah aplikasi yang memuat cache dalam jumlah besar, yakni: peramban (browser), Instagram, dan Twitter.

4. Uninstall Aplikasi

Jika suatu aplikasi tak lagi Anda gunakan dalam kurun waktu yang lama, hapuslah pemasangan aplikasi itu guna mengurangi pemakaian ruang penyimpanan.

5. Pakai Aplikasi Versi Lite

Sejumlah aplikasi menyediakan model versi ringan (lite) yang dirancang untuk pengguna ponsel dengan kapasitas penyimpanan rendah. Beberapa aplikasi yang hadir dalam versi lite ialah: Facebook Lite, Messenger Lite, Google Maps Go, Gmail Go, Line Lite, Skype Lite, Youtube Go, dan Twitter Lite.(*)

Editor : Dodi | Sumber : TechRadar
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]