Anies Ingatkan BUMD Jangan Cuma Cari Profit: Negara Tak Pernah Cari Untung


Sabtu, 22 Februari 2020 - 12:05:18 WIB
Anies Ingatkan BUMD Jangan Cuma Cari Profit: Negara Tak Pernah Cari Untung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Seminar Nasional BPD se-Indonesia.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pesan kepada badan usaha milik daerah (BUMD). Menurut Anies, BUMD adalah bagian dari negara yang tidak boleh berpikir mencari untung.

"Kalau hanya komersial jangan ada di lingkar pemerintah, swasta saja. Dan negara tidak pernah mencari untung. Yang mencari untung private entity. Pemerintah tegas laksanakan konstitusi," ucap Anies dalam sambutan Seminar Nasional BPD se-Indonesia di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (22/2/2020).

Baca Juga : Innalillahi, Pemilik Radwah Hartini Chairuddin Meninggal Dunia

Anies pun menekankan hal yang sama di Jakarta. Namun, tugas itu tidak bisa dilaksanakan oleh perusahaan BUMD secara terpisah.

"Kepada teman BUMD Jakarta saya sampaikan semua rapatkan barisan, sinergi sama-sama untuk melakukan kesejahteraan untuk semua," kata Anies.

Baca Juga : Pemerintah Perlu Pertimbangkan Kembali Penggabungan Kemendikbud dan Ristek

Anies memberikan contoh penyediaan air bersih di Jakarta. Air bersih di Jakarta pasti laku di pasar karena Jakarta mengalami krisis air bersih.

"(Sebanyak) 13 sungai mengalir di Jakarta. Kita cuma kalah dengan Kota Banjarmasin. Tapi di Jakarta, air bersih masalah. Fungsi BUMD bukan berdagang air. Tapi sediakan air minum untuk seluruh warga. Tuntutan pada BUMD untuk laksanakan fungsi pembangunan," kata Anies.

Baca Juga : Hadapi Terorisme, Indonesia Bisa Adaptasi Strategi CTAP Selandia Baru

Menurut Anies, seharusnya pemerintah mengandalkan pajak sebagai pemasukan dibanding dengan pos pemasukan lainnya. Pemerintah akan kacau jika berorientasi pada keuntungan.

"Kalau tuntutan keuntungan. Pemerintah pemasukan dari pajak saja. Kalau pemerintah mau jadi pelaku pasar dan regulator, maka potensi conflict of interest tinggi," ucap Anies. (h/*)

Baca Juga : Jatim Diprediksi Hujan Usai Gempa Malang M 6,1, BMKG: Waspada Longsor-Banjir

Editor : Heldi | Sumber : detikNews
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]