27 Pelaku Usaha di Sumbar Telah Ajukan Sertifikasi Halal


Sabtu, 22 Februari 2020 - 14:48:43 WIB
27 Pelaku Usaha di Sumbar Telah Ajukan Sertifikasi Halal Ilustasi/nu

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumbar membeberkan jumlah pelaku usaha di Sumbar sebanyak 28.174. Sedangkan, pemohon yang mengajukan sertifikasi halal sebanyak 27, dan dokumen yang sudah lengkap 12 usaha.

"Sedangkan yang sudah melakukan konsultasi dengan kanwil agama sebanyak 122 usaha. Ini khusus Sumbar," kata Hendri, Jumat (21/2/2020) kemarin.

Terkait usaha yang telah dilakukan Kemenag Sumbar untuk menggenjot sertifikasi halal, kata Hendri, pertama telah dilakukan pembentukan satuan tugas (satgas) layanan sertifikasi halal pada 19 kabupaten/kota.

"Kedua melakukan sosialisasi dan regulasi sertifikasi halal untuk kabupaten/kota se-Sumbar. Ketiga, koordinasi dengan stake holder terkait baik provinsi maupun kabupaten/kota. Kemudian pembinaan kepada pimpinan usaha, terakhir program sosialisasi halal bagi operator satgas," ujar Hendri.

Hendri menyebutkan, saat ini Sumbar memiliki penduduk 5.638.000 yang tersebar di 19 Kabupaten/Kota. Pada umumnya masyarakat Sumbar didominasi oleh muslim. Karena, yang beragama Islam 97,4%, kristen 1,43%, katolik 0,83%, budha 0,07%, dan hindu 0,01%.

"Artinya apa bahwa masyarakat Minangkabau didominasi oleh kaum muslim yang tentu saja sangat terkait dengan jaminan produk halal," kata Hendri.

Terakhri Hendri berharap hendaknya Sumbar terdepan dalam penyelenggaran jaminan produk halal ini. Karena sesuai dengan filosofinya Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah (ABS-SBK), Syara' Mangato Adat Mamakai.

"Artinya apa? Ini kebutuhan muslim di Sumbar yang mayoritas beragama Islam. Mudah-mudahan Sumbar percontohan ditingkat nasional dalam hal penyelenggaran jaminan produk halal," harap Hendri.

Hendri juga berharap kepada perguruan tinggi untuk mendukung hal dimaskud dan memaksimalkan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Bahwa masyarakat melakukan pendaftaran untuk mendapatkan sertifikasi halal.

"Kita yakin dengan peran perguruan tinggi program ini akan dioptimalkan di Sumbar. Kami berharap penyelenggaraan jaminan produk halal ini makin hari semakin aktif di Sumbar, dan mencapai target. InsyaAllah kami akan kejar target 28 ribu bisa bersertifikasi halal," tukasnya. (*)

Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]