Serahkan Syarat Dukungan ke KPU Solsel, Jon Mathias-Jufrial Janji Tak Ambil Gaji Jika Terpilih


Sabtu, 22 Februari 2020 - 15:31:34 WIB
Serahkan Syarat Dukungan ke KPU Solsel, Jon Mathias-Jufrial Janji Tak Ambil Gaji Jika Terpilih Pasangan perseorangan calon Bupati dan Wakil Bupati Solsel, Jon Mathias-Jufrial saat penyerahan syarat dukungan ke KPU Solsel. Foto/Jefli

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Bakal pasangan perseorangan Jon Mathias-Jufrial serahkan berkas syarat dukungan calon Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel) ke KPU setempat, Sabtu (22/2/2020). Berkas syarat dukungan diserahkan 15.632.

"Mencalon sebagai kepala daerah karena kami ingin merubah Solsel ke arah lebih baik. Bahkan, jika terpilih nanti. Kami berdua berkomitmen untuk tidak mengambil gaji sebagai Bupati dan Wakil Bupati, bakal diserahkan ke kegiatan sosial maupun membantu Masjid/Musala," kata Jon Mathias pada awak media.

Menurutnya, keinginan maju sebagai calon kepala daerah murni untuk memajukan Solsel.

"Kami tegaskan, tidak ada keinginan secara finansial atau mencari uang. Pasalnya, jika ingin hidup nyaman tentunya kami tidak bakal maju sebagai calon kepala daerah. Apa sebab, dengan profesi kami masing-masing saat ini, rasanya sudah lebih dari cukup untuk menikmati sesuatu yang nyaman. Tapi, karena sebagai putra daerah terpanggil untuk memajukan Solsel secara menyeluruh," sebutnya.

Kemudian imbuhnya, Kantor dan Rumah dinas Bupati/Wakil Bupati merupakan rumah rakyat.

"Semua elemen masyarakat bisa menyampaikan aspirasi. Disitu kita diskusi terkait persoalan yang terjadi dan mencarikan solusi secara bersama. Kapan perlu nanti kita menggunakan kendaraan roda dua ke kantor," ujarnya.

Memilih maju dijalur independen, Jon Mathias-Jufrial menyebutkan kerena melalui jalur perseorangan langsung didukung oleh masyarakat.

"Ibaratnya, majikan saya adalah masyarakat. Jika jalur Partai mungkin saja, kami bisa mendapatkan dukungan melalui Partai namun tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kalau ini ibaratnya kami meminta dukungan langsung ke masyarakat. Jadi kami harus menjalankan amanah dari masyarakat," katanya.

Sementara, Jufrial yang berprofesi sebagai pengusaha dan berlatar belakang pendidikan Ekonomi menyebutkan Solsel memiliki potensi sumber Daya alam sehingga banyak sektor usaha yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perekonomian di Solsel.

"Di sektor pertanian dan perkebunan, Solsel bisa mengolah bahan baku menjadi produk yang siap dijual. Salah satunya dengan mendukung Perusahaan Daerah (Perusda), supaya ada banyak pabrik di Solsel. Kemudian, juga menjalin kerjasama kemitraan dengan perusahaan yang branded," lanjutnya.

Dengan demikian, kata Jufrial mampu menyerap banyak tenaga kerja lokal. Sumber Daya Manusia (SDM) Solsel bakal dibekali dahulu keterampilan ataupun keahlian.

"Saya juga ingin mendirikan Bank Syariah Solsel. Menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan lagi ke masyarakat," katanya.

Komisioner KPU Solsel, Wilson mengatakan pihaknya telah menerima berkas dari pasangan Jon Mathias-Jufrial yang akan maju dari jalur perseorangan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati setempat.

"Setelah menerima dukungan KTP kami langsung mencocokkan rekap dukungan," katanya.

Selanjutnya, jika ada dukungan ganda terhadap kandidat maka pihak KPU Solsel akan melakukan verifikasi faktual dilapangan.

"Artinya, jika satu orang mendukung dua calon maka gugur salah satunya," sebutnya. (*)

Reporter : Jefli /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM