Puluhan Rumah Warga di Pasaman Rusak Diterjang Angin Kencang


Sabtu, 22 Februari 2020 - 15:43:02 WIB
Puluhan Rumah Warga di Pasaman Rusak Diterjang Angin Kencang Kondisi salah satu rumah warga yang terkena dampak angin kencang di Nagari Aia Manggih, Kecamatan Lubuksikaping, Pasaman, Sabtu (22/2/2020). Foto dok harianhaluan.com

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Sekitar 40 unit rumah warga kenagarian Aia Manggih, Lubuksikpaing, Pasaman, dilaporkan mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang yang melanda daerah itu, Sabtu Siang (22/2/2020).

"Hingga saat ini berdasarkan data sementara sudah warga yang melaporkan kerusakan sebanyak 22 unit rumah milik mereka dengan tingkat kerusakan sedang dan ringan pada atap rumah yang terkena dampak angin kencang tersebut," kata Kepala Jorong Rumah nan XXX, Abdi Salmi, di Lubuksikaping.

Menurutnya, jumlah tersebut diperkirakan masih akan bertambah karena berdasarkan hasil penelusuran pihaknya, masih ada warga yang belum melaporkan dan atau memperbaiki sendiri kerusakan ringan yang terjadi.

Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan upaya pendataan dan imbauan agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya tiupan angin yang lebih kencang.

"Sampai saat ini kecepatan angin masih diatas rata-rata dan sesekali masih mengalami peningkatan, kami khawatir jika tingkat kewaspadaan menurun justru akan menimbulkan kerugian lebih besar dan tidak tertutup kemungkinan akan menimbulkan korban jiwa akibat tertimpa pohon tumbang," ungkapnya.

Berikut data penelusuran Harianhaluan.com, dari data yang sudah berhasil dihimpun untuk sementara tercatat ragam kerusakan yang terjadi, antara lain rumah milik Eli (Sawah Liek) dengan kondisi atap rumah rusak berat, kemudian Asripili (Jalan Manunggal) dengan kondisi atap garase rusak berat dan roboh.

Selanjutnya, rumah milik Anasri (Aia Manggih) dengan tingkat kerusakan atap sedang, Delmayusti (Sawah Liek) atap rusak ringan, Masril (Tabek Gadang) yang mengalami kerusakan atap berat, Nurjanis (Tabek Gadang) dengan kondisi atap rusak sedang.

Kemudian, Nursimah (Tabek Gadang) dengan kondisi atap rusak ringan, Jafril (Tabek Gadang) dengan kondisi atap teras rumah mengalami rusak ringan, Hanafi (Jalan Kp Lintang Aia Dadok) dengan kondisi atap dapur rusak ringan, Ria Fitri Yanti (Jalam Bhakti) dengan kondisi atap rusak ringan, Yulianis (Jalan Bhakti) dengan kondisi atap rusak sedang.

Kemudian, rumah milik Sariani (Jalan Bhakti) dengan kondisi atap dapur rusak ringan, Ali Amran( Aia manggih) dengan kondisi atap rusak sedang, Darnis (Jalan Bhakti) dengan kondisi atap rusak sedang,
Al Yusra (Aia Dadok) atap rusak berat, Al. Bgd. Rajo lelo (Aia Dadok) dengan kondisi atap rusak ringan, Ama lisa (Tabek Gadang) dengan kerusakan atap dapur rusak ringan.

Bambang Suherman(Jalan Bhakti) dengan kondisi atap rusak ringan, Upik (Aia Dadok) dengan kondisi atap rusak berat, Ridwan (Aia Dadok) dengan kerusakan atap teras rusak ringan, Yetendra (Aia Dadok) dengan kondisi kerusakan atap rusak ringan, dan Nurlela (Kp Bukik) dengan kondisi kerusakan atap sedang. (*)

Reporter : Rully | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]