Walinagari Tabiang Tinggi Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran di Jorong Sidomulyo


Sabtu, 22 Februari 2020 - 17:04:53 WIB
Walinagari Tabiang Tinggi Serahkan Bantuan ke Korban Kebakaran di Jorong Sidomulyo Walinagari Tabiang Tinggi, Seprianedi menyerahkan bantuan sembako dan uang duka kepada korban kebakaran di Jorong Sidomulyo, Nagari Tabiang Tinggi. Foto/Pemnag

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Walinagari Tabiang Tinggi, Seprianedi menyerahkan bantuan sembako dan uang duka untuk korban kebakaran di Jorong Sidomulyo, Nagari Tabiang Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya.

Peristiwa kebakaran yang terjadi Jumat malam (21/2/2020) sekitar pukul 21 WIB itu menghanguskan satu unit rumat terbuat dari kayu dengan ukuran 8X8 persegi meter.

"Walaupun tidak seberapa, tapi kami turun untuk turut merasakan duka yang dirasakan korban," ucap Walinagari, Seprianedi.

Berdasarkan informasi dari Bidang Kebakaran, total kerugian akibat kebakaran rumah milik Kumarno tersebut sebesar Rp86.970.000. Sedangkan untuk bantuan, katanya, merupakan liding sektor Dinas Sosial, yang mana biasanya, Pemnag dan camat setempat memberikan laporan resmi ke Dinsos.

Terpisah, Kepala BPBD Dharmasraya, Ardison, mengatakan, kebakaran rumah yang terjadi di Dharmasraya pada umumnya disebabkan oleh konsleting listrik, kompor masak dan kios minyak eceran. Dia menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan beberapa faktor tersebut.

"Bagi yang menggunakan kompor untuk masak, pastikan kompor dipadamkan setelah digunakan, terkhusus yang menggunakan kompor gas agar memeriksakan dan memastikan regulator dan slang yang digunakan berfungsi dengan baik," imbau Ardison.

Selain itu kata Ardison, instalasi listrik rumah tempat tinggal dianjurkan untuk diperiksa kehandalannya minimal satu kali 15 tahun oleh petugas PLN yang berkompeten atau biro instalasi guna mencegah terjadinya konsleting yang dapat mengakibatkan kebakaran.

Terkhusus kepada kios minyak eceran dipinggir jalan, ulas Ardison, jangan melakukan pengisian BBM kedalam kemasan pada ruang tertutup apalagi di dalam rumah, isilah kemasan di ruang terbuka sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan mudah untuk tindakan penyelamatan dan tempatkan kemasan yang berisi BBM terpisah dengan rumah tinggal. (*)

Reporter : Maryadi | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]