Waspada! Inilah Waktu Serangan Jantung yang Paling Bahaya


Ahad, 23 Februari 2020 - 02:46:54 WIB
Waspada! Inilah Waktu Serangan Jantung yang Paling Bahaya ilustrasi serangan jantung

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Ashraf Sinclair, suami Bunga Citra Lestari meninggal dunia karena serangan jantung pagi hari pada Selasa (18/2) lalu. Kematian Ashraf Sinclair ini pun juga menjadi perhatian media Malaysia. Serangan jantung merupakan penyebab kematian tertinggi yang bisa menyerang siapapun, meskipun tidak ada faktor genetik. 

Banyak orang menghubungkan risiko serangan jantung dengan tekanan pekerjaan dan stres. Padahal serangan jantung tidak selalu dipicu oleh tekanan bekerja, tetapi masih banyak faktor lain yang bisa memperburuk kondisi jantung seseorang. Selain itu, banyak orang mungkin belum memahami waktu paling berbahaya dan riskan jika seseorang terkena serangan jantung.

Menurut Public Health Malaysia dikutip oleh worldofbuzz.com, waktu paling berbahaya jika seseorang terkena serangan jantung, yakni antara pagi hari dan selama fase tidur terakhir. Satu kelompok penelitian di Harvard pun telah mempelajari waktu berbahaya serangan jantung ini. 

Mereka menemukan bahwa risiko ekstra infark miokard atau serangan jantung terjadi antara pukul 6 pagi sampai tengah hari, yakni sekitar 40 persen. Peningkatan risiko ini disebabkan oleh hormon kortisol Anda yang disekresikan oleh kelenjar adrenal meningkat pada waktu tersebut.

Jadi, Anda akan mengalami peningkatan tekanan darah, kadar gula dan detak jantung selama rentang waktu berbahaya tersebut. Ketika itu terjadi, tubuh Anda akan membutuhkan lebih banyak oksigen yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah, termasuk jantung.

Pagi hari juga merupakan waktu yang tepat bagi partikel-partikel dalam darah Anda untuk menempel di dinding pembuluh darah Anda. Hal ini akan membuat aliran darah Anda tepat saat tubuh membutuhkan oksigen. Tetapi, hal ini merupakan salah satu faktor dari banyak aspek lain yang membuat Anda berisiko terkena serangan jantung.

Adapun risiko lainnya seperti orang dengan tekanan darah tinggi, diabetes, kebiasaan merokok, stres dan kurang tidur yang semuanya bisa meningkatkan peluang serangan jantung. Pada intinya, jangan abaikan gejala-gejala yang mengarah pada serangan jantung. Bagaimanapun, deteksi dini dan perawatan cepat bisa menyelamatkan nyawa seseorang. (*)

 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 17 April 2020 - 07:51:49 WIB

    Waspada! Hand Sanitizer Buatan Sendiri Belum Tentu Aman

    Waspada! Hand Sanitizer Buatan Sendiri Belum Tentu Aman HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah mewabahnya virus corona, hand sanitizer dijadikan peluang bisnis oleh sebagian masyarakat. Meski telah mengikuti petunjuk WHO, produk hand sanitizer buatan sendiri tersebut perlu diwaspad.
  • Kamis, 16 April 2020 - 08:15:06 WIB

    Waspada! Virus Corona Bisa Aktif Lagi Setelah Pasien Sembuh, Begini Penjelasan Ahli

    Waspada! Virus Corona Bisa Aktif Lagi Setelah Pasien Sembuh, Begini Penjelasan Ahli JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beberapa pasien di berbagai negara kembali mendapatkan hasil positif dalam pemeriksaan virus Corona COVID-19 setelah dinyatakan sembuh. Para ahli menduga bahwa virus yang tersisa di dalam tubuh pas.
  • Rabu, 08 April 2020 - 06:51:49 WIB

    Waspada! Virus Corona Juga Berisiko Sebabkan Kegemukan

    Waspada! Virus Corona Juga Berisiko Sebabkan Kegemukan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus corona mengguncang dunia sejak akhir tahun lalu. Angka kematian yang melonjak setiap harinya, kehancuran ekonomi, dan sebaran virus di mana pun membuat pemerintah akhirnya memutuskan untuk ka.
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 11:24:12 WIB

    Waspada! Tiga Pasien Positif Corona di Singapura Pernah ke Batam

    Waspada!  Tiga Pasien Positif Corona di Singapura Pernah ke Batam SINGAPURA,HARIANHALUAN.COM-Singapura mengungkap enam wWarga Singapura dinyatakan positif corona,  (Covid-19) baru. Tiga dari enam pasien diketahui memiliki riwayat melakukan perjalanan ke Batam..
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 15:19:22 WIB

    Waspada! Wanita Hamil Paling Rentan Terkena Virus Corona

    Waspada! Wanita Hamil Paling Rentan Terkena Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Semua orang panik dengan virus corona, terlepas dari pernyataan para ahli dan jaminan dokter bahwa mayoritas orang yang tertular memiliki gejala sangat ringan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]