361 Pendaftar Terjaring, Bawaslu Padang Pariaman Tutup Pendaftaran Panwaskel


Ahad, 23 Februari 2020 - 15:41:26 WIB
361 Pendaftar Terjaring, Bawaslu Padang Pariaman Tutup Pendaftaran Panwaskel Ilustrasi

PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Padang Pariaman resmi menutup pendaftaran Pengawas Kelurahan/Desa atau Nagari se Padang Pariaman. Setidaknya ada 361 pendaftar yang ikut dalam seleksi itu.

"Sesuai dengan tahapannya, kita telah menutup pendaftaran pada pukul 23.59 WIB, dan tidak ada perpanjangan pendaftaran karena semua kuota terpenuhi," kata Ketua Bawaslu Padang Pariaman Anton Ishak di Padang Pariaman, Minggu (23/2).

Baca Juga : Kecuali Inhu dan Rohul, 6 Kepala Daerah di Riau Serentak Dilantik 26 April

Ia menyampaikan, untuk pengawas tingkat nagari ini akan direkrut satu orang satu nagari di Padang Pariaman. Jadi sesuai dengan aturannya untuk pelamar minimal dua kali kebutuhan, atau dua orang setiap nagari.
"Tidak ada perpanjangan pendaftaran karena sudah memenuhi syarat minimal jumlah pendaftar," kata Anton.

Ia mengatakan saat calon pengawas nagari mendaftar ke Kantor Panwas Kecamatan, jika persyaratan lengkap akan dilanjutkan dengan wawancara oleh komisioner panwascam masing-masing kecamatan.
"Nanti dalam panwas kecamatan akan mengumumkan calon pengawas yang dinyatakan lulus administrasi dan wawancara, pada tanggal 25 sampai 27 Februari," kata Anton.

Baca Juga : Pilkada 2020 Sukses, Wabup Sabar Puji Kinerja Pengawasan Bawaslu

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk nama-nama yang dinyatakan lulus administrasi dan wawancara akan ditetapkan oleh komisioner Panwascam pada tanggal 4 sampai 5 Maret.
"Untuk hasil pleno itu akan diumumkan pada tangga 12 Maret mendatang," ujarnya.

Sementara Panwascam Padang Sago mencapai target kuota pendaftaran pengawas nagari. Dari enam nagari yang ada di Kecamatan Padang Sago pendaftar mencapai 14 pendaftar untuk kebutuhan 6 orang.

Baca Juga : Persiapan Pemilu 2024, Bawaslu Publikasikan Hasil Pengawasan Pilkada

"Meski sudah memenuhi kuota kita masih membuka peluang bagi masyarakat Padang Sago untuk mendaftarkan diri menjadi calon pengawas nagari sampai batas waktu," kata Ketua Panwascam Padang Sago Roni Okdiarto.

Penjaringan pengawas nagari ini lansung dilaksanakan tes wawancara begitu berkas pendaftar sudah memenuhi syarat, dan Roni menjelaskan setiap peserta yang mendaftar semuanya memenuhi syarat administrasi, jadi langsung diwawancara.

Baca Juga : MK Putuskan Pemungutan Suara Ulang di Inhu dan Rohul

"Wawancara kita laksanakan untuk menguji kualitas peserta sehingga kita mendapatkan pengawas nagari yang beritegritas," katanya.

Ia mengatakan mencari pengawas nagari yang benar-benar berintegritas, makanya ia benar-benar selektif dalam perekrutan ini.

"Dengan demikian kita berharap Padang Sago mampu mengawal jalannya Pilkada Padang Pariaman ini, khususnya di Padang Sago, sehingga penyelenggaraan berjalan dengan sukses untuk menghasilkan pesta demokrasi yang berkualitas," ujarnya.(*)
 

Reporter : Yuhendra | Editor : NOVA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]