Wakasad Kagumi Sumbar Usai Ikuti Iven Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020


Ahad, 23 Februari 2020 - 16:20:12 WIB
Wakasad Kagumi Sumbar Usai Ikuti Iven Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020 Wakasad Letjen Tatang Sulaiman menyerahkan bantuan kepada warga di Istano Basa Pagaruyung. FERI MAULANA

BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM - Olahraga dan pariwisata menjadi dua hal yang sulit terpisahkan. Berolahraga sambil menikmati wisata sungguh hal yang menarik, seperti iven Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020, Minggu, (23/2). Tidak hanya turut mempromosikan wisata daerah, alek ini juga diisi bakti sosial pembagian paket sembako kepada 500 masyarakat.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman bersama 500 peserta pesepeda lainnya finish di Istano Basa Pagaruyung sebagai check point pertama.

Disambut Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Irwandi didampingi Ketua DPRD Roni Mulyadi, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Edi S. Harahap bersama Forkompinda, rombongan disuguhi musik dan kuliner khas Tanah Datar.

Letjen. TNI Tatang Sulaiman bersama Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah, Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo mengaku kagum dan senang menjajal rute sepeda yang mengangkat slogan “Mangayuah Malinteh Kampuang".

“Kami berhenti di Istano Basa Pagaruyung salah satunya peninggalan bersejarah, kita juga harus mencintai budaya. Kami melewati daerah-daerah yang memiliki nilai budaya dan sejarah, sambil bersepeda, sehat, kita juga mengenal daerah agar lebih mencintai daerah dan kita pasti akan bangga dengan daerah ini sebagai bangsa Indonesia. Perjalanan ini sangat menarik, udaranya sejuk, medannya naik turun dan panjang sekali,” ujar Tatang.

Terlihat juga saat itu ratusan peserta sangat menikmati suasana Istano Basa Pagaruyung dengan bersuka cita dan berfoto ria.
Wakasad Tatang juga berharap bantuan yang diberikan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kita beri bantuan kepada masyarakat, semoga bermanfaat, sambil berolahraga kita berbhakti,” katanya.

Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Irwandi di sela-sela acara mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan tersebut.
“Terima kasih Bapak Wakasad beserta rombongan yang telah memilih Tanah Datar sebagai lokasi kegiatan,” ujarnya.

Dikatakan, kegiatan itu mendukung promosi pariwisata daerah karena diikuti pesepeda dari berbagai daerah di Indonesia.
“Berkunjung ke Istano Basa Pagaruyung sebagai ikon utama pariwisata Tanah Datar dan Sumatera Barat, ditambah ada check point ke dua di lapangan SD Batu Taba Batipuh Selatan serta melewati Danau Singakrak, Nagari Pariangan Desa Terindah di dunia dan lainnya, semoga menjadikan pengalaman yang berkesan bagi Wakasad, Pangdam dan seluruh peserta,” katanya.

Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020 menempuh jarak sekitar 104 kilometer mulai pukul 06.00 WIB dengan titik start dari Jam Gadang Bukittinggi dan Finish di Dermaga Singkarak.

Iven ini dibagi dalam 3 etape yang diantaranya Etape 1 (Jarak 47 Km) Jam Gadang – Pagaruyuang, Etape 2 (Jarak 35 Km) Pagaruyuang – Batu Taba dan Etape 3 (Jarak 22 Km) Batu Taba – Dermaga Singkarak.

Agenda itu juga digelar bakti sosial di setiap cek point yang dilewati, berupa penebaran benih ikan di Danau Singkarak, demo perahu air dan penanaman pohon. (*)
 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM