Maju di Pilkada Bukittinggi, M Fadhli dan Yon Afrizal Serahkan Syarat Dukungan ke KPU


Ahad, 23 Februari 2020 - 17:17:50 WIB
Maju di Pilkada Bukittinggi, M Fadhli dan Yon Afrizal Serahkan Syarat Dukungan ke KPU Maju di Pilkada Bukittinggi, M. Fadhli dan Yon Afrizal menyerahkan syarat dukungan perseorangan ke Kantor KPU Bukittinggi. GATOT

BUKITTINGGI, HARIAN HALUAN.COM - Satu lagi, bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi yang maju melalui jalur independen dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Bukittinggi 2020, menyerahkan berkas syarat dukungan perseorangan ke Kantor KPU Kota Bukittinggi, Minggu (23/2).

Pasangan calon tersebut adalah M. Fadhli dan Yon Afrizal. Dengan berpakaian kemeja putih dan peci, pasangan dari kalangan pengusaha dan profesi ini menyerahkan sebanyak  8.991 syarat dukungan perseorangan kepada komisioner KPU Bukittinggi.

“Kedatangan kami ke KPU terkait dengan Pilkada Bukittinggi 2020, yang maju dari jalur independen/perorangan. Sebagai calon independen, kami ingin meramaikan dan  memeriahkan pilkada. Artinya, kami memberikan pilihan alternatif kepada warga yang tidak hanya terfokus kepada tokoh-tokoh yang sudah ada saat ini,” kata M. Fadhli.

Ia mengatakan, proses pengumpulan  syarat dukungan perseorangan  yang dilakukan memang melalui proses perjalanan panjang, yang awalnya bergerak dari nol tim sampai akhirnya  kami bisa  mengumpulkan syarat dukungan yang melebihi dari syarat dukukungan minimum  yang telah ditetapkan KPU.

“Sebelumnya syarat dukungan ini telah kami input ke silon sebanyak  9.439 dukungan. Namun setelah dilakukan pengecekan dan penyusunan berdasarkan silon, ada beberapa dokumen yang hilang dan double. Sehingga pada akhirnya, berkas syarat dukungan yang kami serahkan ke KPU sebanyak 8.991 syarat dukungan, berupa formulir B.1 KWK,  yang dilampiri dengan foto kopi KTP masing-masing pendukung,” kata M Fadhli, bakal calon Walikota dari kalangan pengusaha dan akademisi ini.

Ia mengakui sangat bersyukur atas capaian dukungan yang telah  dapatkan itu, serta berterima kasih kepada segenap warga Bukittinggi yang telah memberikan dukungan untuk pencalonannya sebagai Walikota. “Bagaimanapun, tanpa adanya dukungan dari warga, tentu hal ini tidak bisa  kami capai.  Sesuai dengan niat, kami berjuang bersama warga dan untuk warga Bukittinggi,” ujar Fadli yang diamini  calon pasangannya, Yon Afrizal.

Sementara itu, Plt Ketua KPU Bukittinggi,  Yasrul, menyampaikan, M. Fadhli dan Yon Afrizal adalah pasangan independen ke dua yang menyerahkan syarat dukungan ke KPU.  Sebelumnya ada pasangan Ramlan Nurmatias Dt Basa dan Syahrizal Dt Palang Gagah yang telah menyerahkan berkas syarat dukungan perseorangan ke KPU.

“Hingga hari terakhir penyerahan berkas syarat dukungan ke KPU, Minggu (23/2),  sudah ada dua orang pasangan calon walikota dan wakil walikota yang maju dari jalur independen. Untuk hari terakhir ini, penyerahan berkas syarat dukungan kita terima sampai pukul 24.00 Wib. Menurut rencana, pasangan calon Martias Tanjung-Taufik Dt Laweh, juga akan menyerahkan berkas dukungannya di hari terakhir ini,” ujar Yasrul.

Ia menjelaskan, proses tahapan penyerahan syarat dukungan bagi calon independen  telah dimulai semenjak tanggal 19 Februari 2020,  dan berakhir pada  23 Februari 2020 pukul 24.00 Wib.  Syarat dukungan itu diserahkan oleh kandidat yang akan maju dalam bentuk formulir B.1 KWK,  yang dilampiri dengan foto kopi KTP masing-masing warga yang menyatakan dukungannya.

Khusus untuk kota Bukittinggi,  syarat dukungan untuk pasangan  calon yang maju dari perorangan  minimal jumlahnya 8.145 dukungan, atau 10 parsen dari jumlah penduduk Bukittinggi  yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).  

“Setelah masing-masing calon menyerahkan berkas  syarat dukungannya,  maka KPU akan melakukan pengecekan terhadap syarat dukungan itu, seperti jumlah sebaran dukungan, dan kecocokan antara  silon dengan surat dukungan. Jika sudah lengkap kita buatkan tanda terimanya dan diproses ke tahapan selanjutnya,” sebut Yasrul. (*)

Reporter : Gatot /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM