Antony-Rahmat Batal Maju Dari Jalur Perseorangan, Ini alasannya


Ahad, 23 Februari 2020 - 19:51:24 WIB
Antony-Rahmat Batal Maju Dari Jalur Perseorangan, Ini alasannya ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, Antony Rachmat-Rahmat Setia (ARAH), dipastikan batal maju dari jalur perseorangan (Independent) dalam kontestasi Pilkada serentak tahun 2020. 

Pasangan birokrat-politisi yang semula bersemangat hendak maju dari jalur independen dalam Pilbup Pasaman, urung mendaftarkan diri ke KPU setempat, untuk menyerahkan syarat dukungan Paslon perseorangan, Minggu (23/2).

Berdasarkan keterangan Liaison Officer (LO) Tim Antony-Rahmat (Arah), Rulli Firmansyah, calon pasangan perseorangan Antoni Rahmat dan Rahmat Setia batal mendaftar ke KPU Pasaman dengan sejumlah alasan. 

Pertama, kata dia, bakal calon Bupati, Antoni Rahmat, pada Desember 2019 lalu sudah mengajukan pengaduan ke Komisi ASN di Jakarta, tentang perlakuan tidak adil Pemkab Pasaman, karena dua kali menggeser jabatannya sebagai pejabat eselon II tanpa alasan jelas. 

"Beliau waktu itu melaporkan hal itu ke KASN. Meminta petunjuk apakah penggesaran itu sah atau tidaknya," ungkap Rulli, kepada harianhaluan.com, Minggu (23/2).

Pasalnya, dalam waktu singkat, kata Rulli, Antoni Rachmat, dua kali dimutasi oleh Bupati Pasaman dari jabatannya sebagai Kepala OPD, waktu itu. Sebelumnya, dari Kepala BKPSDM ke Kepala Arsip dan Perpustakaan. Terakhir, ke dalam jabatan Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 

"Terakhir, beliau dimutasi ke jabatan eselon III b dari sebelumnya eselon II b. Kini beliau menjabat kepala bidang," kata Rulli, Minggu (23/2).

Pada awalnya, pihaknya memperkirakan, bahwa rekomendasi dari Komisi ASN atas aduan tersebut terbit pada awal Februari 2020. Namun setelah dikonfirmasi, rekomendasi tersebut baru bisa diterbitkan oleh KASN pada Maret 2020. 

"Hasil konfirmasi kami pada, Jumat (21/2), Komisi ASN hanya bisa memastikan rekomendasi tersebut terbit pada Maret 2020 tanpa menyebutkan tanggal. Sementara dalam pencalonan ini saudara Antoni Rahmat tidak merujuk rencana mengundurkan diri tetapi hanya mengajukan pensiun dini," katanya.

Padahal, sesuai keterangan dari Badan Administrasi Kepegawaian Negara ( BAKN ), menyampaikan pengajuan pensiun dini bagi ASN membutuhkan waktu minimal 6 bulan.  Mengingat pendaftaran paslon Bupati dan Wakil Bupati dibuka pada bulan Juni 2020.

"Itu artinya, opsi pensiun dini sudah tertutup. Sementara opsi pengunduran diri tidak menjadi pilihan dari kandidat, Antoni Ramhat.
Maka, berdasarkan hal itu lah, Antony menarik diri dari pencalonan jalur Independen," katanya.

Rulli mengatakan, bahwa pihaknya (Tim LO) ARAH, sudah mendatangi  KPU Pasaman, Minggu (23/2) untuk menyampaikan batalnya paslon Antony-Rahmat mendaftar dari jalur perseorangan.

"Sekitar pukul 14.30 WIB tadi, kami beranggotakan 5 orang sudah menyampaikan secara resmi, pernyataan sikap. Kedatangan kami diterima langsung oleh Ketua KPU dan Komisioner lainnya," katanya. 

Rulli menegaskan, bahwa Tim ARAH sudah berhasil mengumpulkan syarat dukungan untuk calon perseorangan melebihi batas minimal dukungan yang ditentukan oleh KPU Pasaman, yakni 19.984 lembar KTP elektronik, atau 10 persen dari total jumlah pemilih.

"Total jumlah dukungan KTP elektronik yang sudah terhimpun mencapai angka 25 ribu. Proses yang telah dijalankan Tim LO ARAH, telah mengonline kan data sampel ke Aplikasi Silon KPU dan tidak ditemukan masalah atau kendala berarti," tukas Rulli.

Sebagaimana diketahui, bahwa Minggu, (23/2) hingga pukul 24.00 WIB, merupakan Hari terakhir penyerahan syarat dukungan Bakal Paslon Perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020. 

Komisioner KPU Pasaman, Juli Yusran mengatakan, belum bisa menanggapi batalnya paslon Antony-Rahmat Setia maju dari jalur perseorangan pada pemilihan bupati dan wakil bupati Pasaman pada pilkada 2020.

"Belum dapat dikomentari, sebelum jam 24.00 WIB. Setelah batas waktu tahapan, jadi tidaknya baru dapat ditanggapi," ujar Juli Yusran. (*)
 

Reporter : YUDHI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM