Problem BBM di Kota Solok, Habis Jerigen Terbitlah Makelar!


Ahad, 23 Februari 2020 - 20:12:50 WIB
Problem BBM di Kota Solok, Habis Jerigen Terbitlah Makelar! ilustrasi

SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Kini muncul pula makelar Bahan Bakar Minyak (BBM) di Solok, pasca dilarangnya pedagang kios pengecer premium membeli BBM menggunakan jerigen disejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Makelar BBM ini siap membantu pedagang enceran untuk mendapatkan BBM premium di SPBU, tentu saja makelar ini yang memiliki kendaraan untuk mengisi BBM di SPBU.

Keterangan yang dihimpun Harianhaluan.Com di Solok menyebutkan, makelar BBM ini muncul menawarkan jasanya pada kios- kios pengencer yang tidak memiliki kendaraan. Namun pemilik kios pengecer tetap ingin menjual BBM enceran,caranya makelar tadi membeli BBM ke SPBU mengunakan kendaraan kemudian diantarkan ke pemesan.

Untuk kendaraan dengan kapasitas tanki 50 liter, pemesan membayar uang jasa Rp 30.000. Uang jasa sebesar itu karena pemilik kendaraan harus antri mendapatkan BBM premium berjam- jam.

Untuk menghindari kecurigaan karyawan SPBU, makelar tadi tidak harus berulangkali mengisi BBM pada SPBU yang sama. Malahan setelah di SPBU A, kemudian pindah lagi ke SPBU B. Di Kota Solok ada 5 buah SPBU, jadi kecurigaan tadi tidak ada.

"Saya memang menggunakan jasa makelar untuk mendapatkan BBM premium karena tidak ada mobil untuk membeli ke SPBU," ujar Kardi seorang penjual minyak enceran di kawasan Koto Baru Kabupaten Solok pada Haluan.Com Minggu( 23/ 2).

Sementara itu Wendy, maneger salah satu SPBU di Kota Solok, kepada Harianhaluan.Com mengakui keterbatasan pasokan BBM dari Padang sehingga sering terjadi antri kendaraan.

Namun untuk kendaraan yang mengisi berulangkali, tidak bisa dipantaunya. Tetapi pihak SPBU tetap mengontrol kapasitas isi kendaraan. Untuk 1 buah kendaraan 

Reporter : ALFIAN /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM