Capres 2024 Versi Survei:  Prabowo, Anies, Sandiaga Calon Kuat


Ahad, 23 Februari 2020 - 23:29:57 WIB
Capres 2024 Versi Survei:  Prabowo, Anies, Sandiaga Calon Kuat ilustrasi

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pemilu presiden 2024 masih lama, meski demikian sejumlah lembaga survei mulai menghitung elektabilitas tokoh-tokoh yang berpotensi maju dalam kontestasi tersebut. Lembaga survei Indo Barometer memprediksi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) terkuat jika maju di Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari dalam rilis hasil survei di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (23/2/2020). 

Baca Juga : DPC Partai Demokrat Dharmasraya Sampaikan Surat Pengaduan dan Perlindungan Hukum ke Polres Setempat

Indo Barometer melakukan simulasi terhadap 22 nama calon presiden dengan menggunakan metode pertanyaan tertutup. Hasilnya Menteri Pertahanan (Menhan) itu keluar sebagai tokoh yang berpeluang kuat menang di Pilpres 2024.

"Dari pertanyaan tertutup 22 nama calon presiden, Prabowo Subianto unggul 22,5 persen; Anies Baswedan 14,3 persen; Sandiaga Salahuddin Uno 8,1 persen; Ganjar Pranowo 7,7 persen,; Tri Rismaharini 6,8 persen; dan nama lainnya di bawah 6 persen," katanya.

Baca Juga : Terjun ke Politik, Athari Gauthi Ardi: Ingin Kampung Seperti Jakarta

Dia menyebut keunggulan Prabowo dalam survei ini terjadi apabila nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak masuk. Jika nama Jokowi masuk maka elektabilitas Prabowo merosot. Sedangkan Jokowi tidak akan masuk dalam kontestasi 2024 karena sudah terpilih selama dua kali periode berturut-turut.

"Keunggulan Prabowo terjadi jika tidak ada nama Jokowi. Jika nama Jokowi masuk ke dalam simulasi 23 nama, maka Jokowi masuk urutan pertama dengan angka 32,2 persen; kemudian disusul Prabowo Subianto 17,5 persen; Sandiaga Salahuddin Uno 6,1 persen; dan lainnya," ujarnya.

Baca Juga : Ada Gerakan Mau Kudeta Cak Imin dari Kursi Ketum PKB, Benarkah?

Qodari menjelaskan survei ini melibatkan 1.200 responden, dengan margin of error sebesar ± 2.83%, pada tingkat kepercayaan 95%. Responden survei adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. (*)

Editor : Dodi | Sumber : iNews.id
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]