Universitas Andalas dan Mandiri Syariah Kerjasama Cetak Mahasiswa Sociopreneur


Senin, 24 Februari 2020 - 13:20:16 WIB
Universitas Andalas dan Mandiri Syariah Kerjasama Cetak Mahasiswa Sociopreneur Universitas Andalas dan Mandiri Syariah Kerjasama Cetak Mahasiswa Sociopreneur. (foto YESI)

PADANG, HARIANHALUAN.COM- PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) dan Lembaga Amil Zakat (Laznas) BSM Umat bekerjasama dengan Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat melaunching program beasiswa Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP).

Pejabat Eksekutif Mandiri Syariah, Rosma Handayani menyampaikan ISDP adalah program beasiswa yang bertujuan mencetak wirausahawan muda yang memiliki kepedulian sosial kepada masyarakat dan lingkungan ujarnya usai acara launching di Kampus Unand Padang 24/2.

Baca Juga : Ngeri! Pendidikan Jarak Jauh Bikin Siswa Kecanduan Gawai

Beasiswa senilai Rp2,4 miliar ini ditujukan bagi 25 orang mahasiswa yang terpilih dengan jangka waktu selama dua tahun. Melalui program ini mahasiswa akan diberikan pengetahuan dalam bidang sociopreneur, pembinaan mental dan spiritual, pemberian uang saku, SPP dan permodalan, hingga pelatihan/magang kewirausahaan serta pendampingan usaha.

Rosma Handayani menambahkan Mandiri Syariah telah bekerja sama dengan Unand sejak tahun 2008 terkait produk dan layanan perbankan syariah. 

Baca Juga : PT Trakindo Serahkan Modul Ajar & Praktik ke Politeknik Negeri Padang

“Mandiri Syariah dan Unand mempunyai satu kesamaan visi yaitu meningkatkan kualitas people (manusia/sosial) melalui pendidikan dan pengembangan jiwa kewirausahaan mahasiswa,” katanya.

Program ISDP adalah upaya Mandiri Syariah dalam mewujudkan konsep bahwa bank syariah mampu mengembangkan ekosistem yang tak hanya berorientasi internal (profitabilitas perusahaan), tapi juga berdampak positif secara luas untuk masyarakat, lingkungan, serta berkontribusi nyata pada upaya pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca Juga : Tahun 2021, ITP Buka 1.000 Kuota Mahasiswa Baru

“Insya Allah program ini sejalan dengan arah kebijakan Pemerintah dalam melahirkan para pemuda yang mandiri dan bisa berwirausaha dengan segala keterampilan yang dimilikinya,” ucap Rosma.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Prof. DR. Yuliandri menjelaskan selama ini mereka telah memiliki Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan mendapatkan animo sangat tinggi dari mahasiswanya. 

Baca Juga : Politeknik ATI Padang Gelar Webinar Eksistensi Logistik di Masa Pandemi

“Dengan adanya beasiswa ISDP Mandiri Syariah ini pastinya akan semakin membuka peluang mahasiswa UNAND untuk dapat mengembangkan usahanya hingga mandiri sehingga membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya,” jelasnya.

Direktur Laznas Rizqi Okto Priansyah menyampaikan sebelumnya telah ada lebih dari 90 mahasiswa penerima beasiswa ISDP dari IPB, UGM, UNHAS, UIN dan SEBI.

“Kami berharap dapat terus menambah jumlah mahasiswa yang dapat dibina. Sehingga program ini memberikan dampak positif khususnya dari sisi sosial ekonomi masyarakat dan menambah keberkahan bagi umat,” tutup Rizqi. (*)

Reporter : YESI | Editor : Dodi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]