Balapan Perdana Digelar April, Motorcross Kembali Hadir di Limapuluh Kota


Senin, 24 Februari 2020 - 14:44:22 WIB
Balapan Perdana Digelar April, Motorcross Kembali Hadir di Limapuluh Kota Sirkuit permanen standar nasional di Jorong Pogang, Nagari Taeh Bukik. dok. DADANG ESMANA-Harianhaluan.Com

LIMAPULUH KOTA,HARIANALUAN.COM-Sempat vakum beberapa tahun lalu terhadap balapan motorcross di Kabupaten Limapuluh Kota, kini olahraga bergengsi tersebut kembali hadir ke tengah-tengah masyarakat. Tak tanggung-tanggung, motorcross kali ini, sudah memiliki sirkuit permanen standar nasional. Yakni berada di Jorong Pogang, Nagari Taeh Bukik, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota. Atau berada sekitar 8 kilometer dari sirkuit lama.

"Dulu memang, balapan motorcross ini booming di daerah kita. Tetapi beberapa tahun terkhir ini, kita terkendala sirkuit dan akhirnya keberadaan motorcross menjadi vakum. Sirkuit lama, sudah berubah fungsi jadi ladang masyarakat. Tetapi, kini kita sudah memiliki sirkuit permanen,"terang Sestiadi Bay pencetus Sirkuit Tanjuro pada Senin (24/2) siang di Payakumbuh.

Baca Juga : Wali Nagari di Pesisir Selatan Diminta Kebut Laporan Penggunaan APB Nagari Triwulan I

Dijelaskan pecinta motorcross tersebut, Sirkuit Tanjuro berada di kawasan perbukitan Gunuang Bungsu dengan ketinggian 1000 Mdl. Sirkuit tersebut memiliki panjang lintasan 1200 meter dengan 14 tikungan dan 2 double top serta spitjum termasuk rintangan lainnya. "Ini sirkuit sangat menantang dengan lebar 6 sampai 8 meter,"terangnya lagi.

Selain itu, Sirkuit Tanjuro juga memiliki view dan pemandangan indah sekitar lokasi. "Sirkuit ini, kita bangun sejak 2019 lalu. Sekarang sudah rampung dan sudah dimanfaatkan untuk latihan sementara. Terutama pada Sabtu dan Minggu,"terang bapak 6 anak itu.

Baca Juga : DPMDP2KB Kabupaten Pessel Minta Wali Nagari Proaktif Tingkatkan BUMNag

Adanya Sirkuit Tanjuro tersebut, tambah Setiadi Bay,  berkat dukungan pemuda-pemudi, tokoh masyarakat serta seluruh pihak di Nagari Taeh Bukik yang tak henti-henti ikut bergotong royong demi suksesnya sirkuit motorcross di kampung halaman mereka. "Sekarang, di Nagari Taeh Bukik semakin ramai dikunjungi, ekonomi masyarakat hidup. Sore hari, sirkuit selalu ramai,"katanya. 

Rencananya, terang Setiadi Bay, pada April mendatang, di Sirkuit Tanjuro akan digelar iven balapan nasional regional I Sumatera. Iven tersebut juga sudah mendapat persetujuan dan izin dari Ikatan Motor Indonesia Wilayah Sumatera Barat dan  PP IMI Komisi Roda II. "Ini balapan perdana dan balapan motorcross pertama sejak 5 tahun terakhir di Kabupaten Limapuluh Kota. Mudah-mudahan sukses,"ungkapnya lagi. (*)

Baca Juga : Beribadah Saat Pandemi, Pemkab Agam Imbau Masyarakat Waspada Penyebaran Covid-19

Reporter : DADANG ESMANA | Editor : Dodi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]