Jaring PPK, KPU Padang Pariaman Beri Ruang Rakyat Menanggapi


Senin, 24 Februari 2020 - 14:48:25 WIB
Jaring PPK, KPU Padang Pariaman Beri Ruang Rakyat Menanggapi Ketua KPU Padang Pariaman Zulnaidi

PADANGPARIAMAN, HARIANALUAN.COM-Guna menjaring Panitia Pemilihan Kecamata (PPK) untuk Pilkada 2020 di Padang Pariaman, KPU beri ruang tanggapan masyarakat untuk memberi masukan terhadap calon PPK yang dinyatakan lulus seleksi.

"Setelah diumumkan sebanyak lima orang PPK kecamatan dan lima orang cadangan, kami dari KPU membuka kesempatan tanggapan dari masyarakat hingga tanggal 21 Februari kemarin," kata Ketua KPU Padang Pariaman Zulnaidi, saat ditemui di Kantor KPU Padang Pariaman, Senin (24/2).

Baca Juga : PSU Inhu, RIDHO Menang Besar di TPS 03

Lebi lanjut Zulnaidi menyampaikan, selama dibuka tanggapan masyarakat itu. Pihaknya menerima dua tanggapan dari masyarakat terkait calon PPK dari Kecamatan Enam Lingkung dan Nan Sabari. Atas laporan itu, KPU Padang Pariaman langsung melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan.
"Berdasarkan tindak tindak lanjut kita, untuk di Enam Lingkung memang benar kejadinya sebagaimana yang dilaporkan," katanya.

Untuk laporan dari Kecamatan Nan Sabaris laporan dari masyarakat itu tidak bisa dibuktikan. Pasalnya, laporan yang masuk itu berupa asumsi, bukan suatu peristiwa.
"Kita belum bisa publikasi materi pokok dari laporan itu, karena saat ini masih dalam proses," katanya.

Baca Juga : PSU di Inhu Berjalan Lancar, Ditinjau Ketua Bawaslu RI dan Forkopimda

Ia menyampaikan, dalam tanggapan masyarakat yang diterima oleh KPU itu ada dua poit, pertama menyatakan calon PPK itu tidak jujur dan tidak adil dan kedua, ada tuduhan calon PPK Itu tidak profesional.
"Cuma dua itu poin dari tanggapan masyarakat yang kami teriman, dalam beberapa hari ini kami masih melakukan klarifikasi," katanya.

Tidak hanya itu, hasil dari klasifikasi yang dilakukan KPU itu akan dibahas dalam pleno anggota KPU Padang Pariaman, apakah calon PPK yang mendapatkan tanggapan dari masyarakat ini bisa dilantik atau tidak.

Baca Juga : PSU Pilkada Inhu dan Rohul, 90 Prajurit TNI dan 854 Personel Polda Siap Mengamankan

"Nanti keputusanya di Pleno Komisioner, hasil dari hasil klarifikasi itu apakah tetap dilantik atau bagaimananya," kata Zulnaidi.

Ia mengatakan, dalam klarifikasi yang dilakukan oleh KPU ini terkait dengan tuduhan yang diberikan. Ada tuduhan tidak jujur dan tidak profesional, tentu perlu dilihat seperti apa tuduhan tersebut.
"Masalahnya itu tentant kejujuran seseorang, seiapa saja bisa tidak jujur. Lain persoalan dengan peristiwa hukum, akan ada proses hukum yang dilalui. Kalau proses hukumnya tidak ada maka itu belum bisa kita itu peristiwa melanggar hukum," ujarnya.

Baca Juga : Kecuali Inhu dan Rohul, 6 Kepala Daerah di Riau Serentak Dilantik 26 April

Diketahui, sebelumnya KPU Padang Pariaman telah mengumumkan 10 orang nama masing-masing kecamatan sebagai calon PPK. Lima orang diantaranya ditetapkan sebagai PPK terpilih dan Lima lagi PAW. Setalah menerima tanggapan masyarakat, KPU akan melakukan pelantikan pada tanggal 29 Februari mendatang. (*)

Reporter : YUHENDRA | Editor : Dodi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]